Site icon englishforsma.com

Option vs Choice vs Alternative

Ketiga kata yang kita bahas kali ini – option, choice, dan alternative – mempunyai kedekatan makna satu sama lain. Ketiganya bisa diartikan ‘pilihan’ dalam bahasa Indonesia. Meskipun mempunyai kedekatan makna, masing-masing kata mempunyai pengertian yang berbeda. Ilustrasi berikut ini bisa membantu sobat pembaca memahami konsep masing-masing kata.

Suatu kali sobat mengajak seorang teman makan siang di sebuah restoran. Ada banyak pilihan makanan yang bisa dipilih. Soto ayam, sop buntut, bebek peking, rawon, ayam goreng, dan lain-lain. Nah, pilihan-pilihan makanan ini disebut option.

Ilustrasi lain. Suatu kali sobat hendak bepergian ke Jakarta. Sobat menelepon agen tiket pesawat untuk memesan tiket. Sobat ingin berangkat pagi. Agen menawarkan tiga pilihan penerbangan: City Link, Garuda, dan Lion dengan harga masing-masing. Nah, 3 pilihan ini disebut option.

Dari pilihan-pilihan menu itu, sobat akhirnya memilih Bebek Goreng dan Soto Ayam, dan sobat memilih terbang dengan City Link. Makanan yang sudah sobat pilih dan tentukan itu disebut choice. Penerbangan yang sobat pilih itu disebut choice.

Jadi, option adalah pilihan-pilihan yang tersedia untuk dipilih, dan choice adalah pilihan yang sobat buat atau tentukan. Bagaimana dengan alternative?

Kata ini secara khusus mengacu pada kemungkinan-kemungkinan pilihan yang mungkin bisa berperan sebagai pengganti atas sesuatu. Misalnya, suatu kali sobat mengendarai mobil ke Magelang. Sobat mengambil jalan utama yang biasanya sobat lalui. Tetapi hari itu jalan ditutup karena ada perbaikan. Dan sobat harus mencari jalan lain sebagai pengganti. Nah, jalan lain yang sobat cari itu disebut alternative.

Exit mobile version