Option vs Choice vs Alternative

By | April 20, 2016

Ketiga kata yang kita bahas kali ini – option, choice, dan alternative – mempunyai kedekatan makna satu sama lain. Ketiganya bisa diartikan ‘pilihan’ dalam bahasa Indonesia. Meskipun mempunyai kedekatan makna, masing-masing kata mempunyai pengertian yang berbeda. Ilustrasi berikut ini bisa membantu sobat pembaca memahami konsep masing-masing kata.

Suatu kali sobat mengajak seorang teman makan siang di sebuah restoran. Ada banyak pilihan makanan yang bisa dipilih. Soto ayam, sop buntut, bebek peking, rawon, ayam goreng, dan lain-lain. Nah, pilihan-pilihan makanan ini disebut option.

Ilustrasi lain. Suatu kali sobat hendak bepergian ke Jakarta. Sobat menelepon agen tiket pesawat untuk memesan tiket. Sobat ingin berangkat pagi. Agen menawarkan tiga pilihan penerbangan: City Link, Garuda, dan Lion dengan harga masing-masing. Nah, 3 pilihan ini disebut option.

  • The restaurant offers various menu options to choose from. – Restoran itu menawarkan pilihan-pilihan menu yang bermacam-macam untuk dipilih.
  • The travel agent gave me 3 flight options: City Link, Garuda, and Lion. – Agen perjalanan memberi saya 3 pilihan penerbangan: City Link, Garuda, dan Lion.

Dari pilihan-pilihan menu itu, sobat akhirnya memilih Bebek Goreng dan Soto Ayam, dan sobat memilih terbang dengan City Link. Makanan yang sudah sobat pilih dan tentukan itu disebut choice. Penerbangan yang sobat pilih itu disebut choice.

  • Bebek Goreng and Soto Ayam are good choices. – Bebek goreng dan soto ayam adalah pilihan yang bagus.
  • I have made a choice. I will fly with City Link. – Saya sudah membuat pilihan. Saya akan terbang dengan City Link.

Jadi, option adalah pilihan-pilihan yang tersedia untuk dipilih, dan choice adalah pilihan yang sobat buat atau tentukan. Bagaimana dengan alternative?

Kata ini secara khusus mengacu pada kemungkinan-kemungkinan pilihan yang mungkin bisa berperan sebagai pengganti atas sesuatu. Misalnya, suatu kali sobat mengendarai mobil ke Magelang. Sobat mengambil jalan utama yang biasanya sobat lalui. Tetapi hari itu jalan ditutup karena ada perbaikan. Dan sobat harus mencari jalan lain sebagai pengganti. Nah, jalan lain yang sobat cari itu disebut alternative.

  • The main road was closed, so I had to seek alternative routes. – Jalan utama ditutup, sehingga saya harus mencari rute alternatif (rute lain yang bisa dijadikan pengganti jalan yang ditutup itu).

2 thoughts on “Option vs Choice vs Alternative

  1. Nia

    Kerenn .. makasih kak , sangat membantu .. sering” buat artikel kyk gini yah kak ttg penjelasan bhs inggris .. aku akan jd pengunjung setia 🙂

    Reply
    1. Admin Post author

      HI, thanks Nia apresiasinya … ada banyak kok artikel yang beginian …. ada sekitar 200 lebih artikel seperti ini di blog ini …:) …

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *