Characteristic, Trait, Character: Apa Bedanya?

By | May 17, 2016

Ketiga kata ini saling berkaitan, dan mempunyai kedekatan konsep. Mari kita cermati satu per satu.

CHARACTERISTIC

Kata ini bisa berfungsi sebagai kata sifat (adjective) maupun kata benda (noun). Dalam bahasan kali ini kita batasi fungsi kata ini sebagai kata benda. Kamus online http://www.yourdictionary.com/characteristic mendefinisikan kata ini sebagai ‘a feature that helps to identify, tell apart, or describe recognizably; a distinguishing mark or trait‘. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai ciri khas yang mampu membedakan seseorang atau sesuatu dari seseorang atau sesuatu yang lain, atau ciri khas yang mampu menggambarkan seseorang itu seperti apa.

Kali ini kita batasi kata ini dalam kaitannya dengan ciri khas seseorang. Jika diterapkan pada manusia, yang dimaksud ciri khas adalah tanda-tanda fisik khas termasuk tinggi, rambut ikal, mata coklat, tahi lalat, dan lain-lain. Characteristic juga menyangkut hal-hal yang tak tampak secara fisik yang menggambarkan kualitas seseorang seperti cerdas, jujur, lemah lembut, murah hati, suka bekerja keras, welas asih, mampu memimpin, dan lain-lain. Sifat atau ciri khas bisa baik atau buruk.

  • Generosity is one of his characteristics. – Kemurahan hati adalah salah satu ciri/sifat khasnya.
  • One bad characteristic that I don’t like of him is dishonesty. – Satu sifat khas buruk yang tidak saya sukai dari dia adalah ketidakjujuran.

TRAIT

Trait adalah characteristic yang diperoleh secara genetis.dan sudah ada secara alami dalam diri seseorang. Kalau sobat mendapati cara berjalan, berbicara, atau tertawa seseorang itu mirip dengan cara berjalan, berbicara, dan tertawa bapak atau ibunya, itu yang disebut trait. Termasuk juga ciri fisik yang diturunkan dari orang tua atau kakek nenek, misalnya: rambut tipis dan ikal, tungkai panjang, bulu mata lentik, dan lain-lain.

CHARACTER

Kata ini tidak terkait dengan ciri-ciri fisik. Yang disebut character adalah kombinasi atau sekelompok kualitas yang ada dalam diri seseorang, yang membentuk seorang individu menjadi pribadi sekarang ini. Character ini secara umum menonjol dalam diri seseorang dan secara umum menggambarkan siapa sobat.

Misalnya, orang yang mempunyai strong character, biasanya memiliki characteristic atau kualitas-kualitas khas seperti assertive (tegas), decisive (mampu mengambil keputusan dengan cepat), influential (berpengaruh), self-disciplined (disiplin), independent (mandiri), bold (berani), dan lain-lain.

Semoga membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *