Change vs Transform: Apa Bedanya?

By | February 10, 2022

Sobat pembaca, topik yang kita bahas kali ini adalah dua verba yang sama-sama diartikan berubah atau mengubah, change dan transform. Perbedaan arti antara kedua verba tersebut bisa juga diterapkan pada bentuk nominanya, change dan transformation. Secara sederhana, kita menggunakan kata change ketika perubahan terjadi sebagian saja, sementara transform atau transformation merujuk pada perubahan menyeluruh.

CHANGE

Bentuk verba dan nomina kata ini sama, change. Sebagai verba, kata ini bisa berfungsi sebagai verba transitif, artinya membutuhkan obyek, atau intransitif, artinya tidak membutuhkan obyek. Kapan kita menggunakan kata ini? Untuk menjawab pertanyaan ini, ilustrasi sederhana ini bisa membantu. Ketika seeokor ular berganti kulit, yang berubah hanya kulitnya saja. Bagian lain tetap sama. Bentuk tubuh ular juga masih sama. Kita masih mengenali bahwa yang kita lihat itu seekor ular. Atau ketika seekor beruang berganti bulu, yang berubah hanya bulunya saja, sementara bagian lain tetap sama. Si beruang tetaplah seekor beruang.

Ketika kita memutuskan untuk mengecat dinding depan rumah kita dari putih ke abu-abu muda, hanya bagian yang dicat itulah yang berubah. Bahkan ketika kita mengganti warna seluruh dinding rumah kita, dan hanya itu yang kita lakukan tanpa melakukan perubahan apapun yang lain pada rumah kita, ya hanya dinding yang dicat tersebut yang berubah. Bentuk rumah masih sama, posisi ruang tamu juga masih sama, tata letak rumah masih sama, dan lain-lain. Perubahan ini masih kita sebut change.

Atau kalau kita berbicara tentang institusi, kita menggunakan kata change ketika, misalnya, kita merekrut pegawai baru atau mengurangi jumlah pegawai, melakukan mutasi pegawai, mengubah warna seragam, dan bentuk-bentuk perubahan kecil lain, yang tidak menyentuh nilai dasar lembaga. Yang berubah hanya bagian-bagian yang disebutkan itu, tetapi semangat, spirit, sikap kerja, etos kerja tetap sama.

  • We decided to change the color of our house. – Kami memutuskan untuk mengubah warna rumah kami.
  • A snake changes its skin 4-8 times a year to adjust itself to the air temperature of its surrounding. – Ular berganti kulit empat sampai 8 kali setahun untuk menyesuaikan diri dengan suhu udara sekitarnya.

TRANFORM

Ada perbedaan antara bentuk verba dan nominanya. Transform adalah verba, sementara transformation adalah bentuk nominanya. Ilustrasi berikut ini bisa membantu memberi gambaran apa yang dimaksud dengan transform dan transformation.

Ketika seekor ulat berubah menjadi kupu-kupu, seluruh bagian hewan itu berubah total, menjadi sesuatu yang lain yang sama sekali berbeda, baru. Ketika kita memutuskan untuk mengubah total rumah kita: mengubah tata letaknya, mengubah ukuran dan fungsi ruangan tertentu, mengubah warna dindingnya,  mengganti perabot, menghilangkan dinding atau pilar, mengganti lantai, dan lain-lain sehingga tampilan fisik dan suasana rumah berubah total menjadi rumah yang sama sekali baru, itulah yang disebut transform atau transformation.

Contoh lain, misalnya, ketika seorang aktris atau aktor bermain dalam sebuah film, dan ia didandani sedemikian rupa sehingga ia seolah-olah menjadi orang lain, itulah yang disebut transform atau transformation.

  • I transformed my old house into a cozy one with new and modern looks. – Saya mengubah total rumah tua saya menjadi rumah yang nyaman dengan tampilan baru dan modern.
  • When a caterpillar turned into a cocoon, then into a butterfly, that is a huge transformation. – Ketika seekor ulat berubah menjadi kepompong, dan kemudian menjadi kupu-kupu, itulah transformasi besar-besaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 + 1 =