Chance vs Opportunity: Sama atau Beda?

By | July 20, 2018

Sobat pembaca, dua nomina ini – chance dan opportunity – memang kadang membingungkan. Dalam konteks tertentu berarti sama, identik, dalam konteks lain tidak. Kata chance mempunyai makna lain yang tidak dipunyai kata opportunity. Itu berarti keduanya tidak bisa begitu saja dipertukarkan. Mari kita bahas satu per satu.

CHANCE

Kata ini bisa diartikan kesempatan atau kemungkinan, tergantung konteksnya. Kamus online Merriam-Webster menyebutkan bahwa kata ini berarti “an opportunity to do something” – kesempatan/peluang untuk melakukan sesuatu, dan “the possibility that something will  happen” – kemungkinan bahwa sesuatu akan terjadi. Kamus online Oxford Dictionary juga memberikan definisi yang kurang lebih sama.

Nah, menurut definisi kamus online tersebut, jelas bahwa dalam situasi tertentu, kata ini mempunyai arti yang sama dengan opportunity, dan dalam situasi lain tidak. Dalam pengertian kesempatan/peluang, kata ini sama artinya dengan opportunity. Dalam pengertian kemungkinan, kata ini tidak bisa digantikan oleh kata opportunity.

Berikut adalah contoh-contoh kalimat menggunakan kata chance dalam pengertian kesempatan/peluang atau opportunity. Lazimnya kata ini digunakan dalam frasa chance + to infinitive.

  • I gave him a chance to tell the truth, and he chose to tell a lie. – Saya memberinya kesempatan untuk mengatakan yang sebenarnya, dan ia memilih untuk berbohong.
  • You had many chances to prove youself, and you didn’t do it. – Kamu punya banyak kesempatan untuk membuktikan diri, tetapi kamu tidak melakukannya.
  • You should say yes. It’ll be a great chance to show off your skills. – Kamu harus mengatakan ya. Itu akan menjadi kesempatan sangat bagus untuk memamerkan keterampilanmu.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan chance dalam pengertian kemungkinan. Dalam hal ini, kata ini sering digunakan bersama-sama dengan of.

  • Well, there is a pretty good chance of winning the cooking contest. – Ya, ada kemungkinan cukup besar untuk memenangkan kontes memasak itu.
  • There is a 60 percent chance of rain tonight. – Ada kemungkinan 60 persen hujan nanti malam.
  • I don’t think I have a chance of getting a seat on the train. -Saya kira tidak mungkin saya mendapat kursi di kereta ini.

OPPORTUNITY

Nah, kata ini sering diartikan kesempatan atau peluang. Kamus online Longman Dictionary menyebutkan bahwa kata ini berarti “a chance to do something or an occasion when it is easy for you to do something” – kesempatan untuk melakukan sesuatu atau kesempatan ketika Anda merasa lebih mudah untuk melakukan sesuatu. Maka, dalam pengertian ini, kata opportunity bisa menggantikan kata chance dalam tiga kalimat contoh pertama di atas.

  • I gave him an opportunity to tell the truth, and he chose to tell a lie. – Saya memberinya kesempatan untuk mengatakan yang sebenarnya, dan ia memilih untuk berbohong.
  • You had many opportunities to prove youself, and you didn’t do it. – Kamu punya banyak kesempatan untuk membuktikan diri, tetapi kamu tidak melakukannya.
  • You should say yes. It’ll be a great opportunity to show off your skills. – Kamu harus mengatakan ya. Itu akan menjadi kesempatan sangat bagus untuk memamerkan keterampilanmu.

Tetapi, kata ini TIDAK bisa menggantikan tiga kalimat contoh berikutnya di atas:

  • Well, there is a pretty good opportunity of winning the cooking contest. (X)
  • There is a 60 percent opportunity of rain tonight. (X)
  • I don’t think I have an opportunity of getting a seat on the train. (X)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *