Can not, Cannot, atau Can’t?

By | March 1, 2016

Halo sobat pembaca setia semua. Kali ini kita akan membahas beberapa kata yang saling berkaitan, yakni can not, cannot, dan can’t. Baik can not maupun cannot bisa digunakan dalam bahasa tulis formal. Yang paling penting adalah konsistensi, artinya ketika sobat memutuskan untuk menggunakan can not, silakan frasa ini digunakan dalam seluruh teks. Demikian juga jika sobat memilih cannot. Sangat tidak bisa diterima jika sobat menggunakan can not dalam satu kalimat, dan menggunakan cannot di kalimat lain dalam teks yang sama.

Can’t adalah bentuk singkat dari can not atau cannot. Kata ini hanya digunakan dalam situasi tidak formal, yakni dalam percakapan sehari-hari. Sobat tidak dianjurkan untuk menggunakan kata ini dalam situasi formal. Misalnya dalam tulisan akademis atau surat menyurat bisnis formal, atau situasi formal lainnya.

Tetapi, sobat mesti hati-hati ketika harus memilih dan menggunakan kata-kata tersebut dalam kalimat tanya yang menggunakan wh-word (why, where, dan lain-lain). Coba sobat perhatikan kalimat berikut, dan bandingkan.

  • Why can’t you help me? – Kata can’t bisa digunakan dalam kalimat tidak formal seperti ini.
  • Why can you not help me? – Can terpisah dari not dalam kalimat ini. Terdengar sangat formal.
  • Why cannot you help me? – Kalimat ini salah. Sobat tidak bisa menggunakan cannot dalam kalimat tanya semacam ini.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *