Buy vs Purchase

By | January 22, 2016

Dua kata yang kita bahas kali ini – buy dan purchase – sinonim dan dalam konteks percakapan sehari-hari sering digunakan bergantian tanpa ada perbedaan makna. Meskipun demikian, ada konteks penggunaan tertentu yang mesti kita perhatikan terkait dengan dua kata tersebut.

BUY

Kata ini termasuk dalam kategori kata kerja (verb), yang berarti membeli. Kata kerja bentuk kedua dan ketiganya adalah bought. Kata ini juga sekaligus berfungsi sebagai kata benda (noun), yang berarti pembelian. Kata ini digunakan secara luas dalam konteks pembelian sehari-hari. Ketika sobat membeli baju atau sepatu di toko, membeli rokok di kios, membeli tablet atau smartphone secara online, kata ini lebih sering digunakan.

  • My sister just bought me a new pair of leather shoes. – Kakak saya baru saja membelikanku sepasang sepatu kulit.
  • I think I need to buy a new motorcycle. – Saya kira saya perlu beli sepeda motor baru.

PURCHASE

Kata purchase juga berarti membeli. Sama dengan buy, kata ini bisa berfungsi sebagai kata kerja (verb) maupun kata benda (noun). Sebagai kata kerja (verb), bentuk kedua dan ketiganya adalah purchased.

Nuansa kata purchase agak berbeda dengan buy. Purchase terdengar lebih formal dari buy. Kata ini lebih sering digunakan dalam situasi-situasi formal, misalnya (dalam dokumen-dokumen kontrak) pembelian yang dilakukan pemerintah yang melibatkan lelang dan harus ditulis dalam dokumen resmi.

  • The ministry of education decided to purchase hundreds of new desktop computers for the department. – Kementrian pendidikan

Meskipun demikian, sobat pembaca, kata purchase juga bisa kok digunakan dalam konteks penggunaan sehari-hari, dan maknanya tidak berbeda dengan buy. Coba sobat perhatikan kalimat-kalimat berikut ini, yang menunjukkan penggunaan kata purchase dalam konteks sehari-hari:

  • They would purchase a few things for Christmas tomorrow. – Mereka akan membeli beberapa barang untuk Natal besok.
  • Later he took her to purchase a car. – Kemudian ia mengajaknya untuk membeli mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *