Brook, Creek, Stream, River

By | February 18, 2016

Sobat pembaca, kali ini kita akan membahas 4 kata yang semuanya terkait dengan sungai: brook, creek, stream, dan river. Sebenarnya masih ada puluhan istilah lain yang terkait dengan sungai, tetapi tidak terlalu penting untuk dibahas di sini, karena toh dalam percakapan sehari-hari mungkin tidak banyak digunakan.

Sebenarnya tidak ada standar yang jelas yang bisa digunakan untuk membedakan apakah aliran air bisa disebut brook, creek, stream, atau river. Maka, penjelasan ini hanyalah panduan umum. Stream adalah kata yang paling umum maknanya, dan mencakup baik brook, creek, maupun river. Brook dan creek secara umum adalah stream yang kecil. Sementara river adalah stream yang tergolong besar.

Meskipun secara umum brook dan creek  adalah sungai kecil, sebenarnya tidak ada ukuran yang jelas kapan sebuah sungai kecil disebut brook dan kapan disebut creek. Dalam banyak kasus, penggunaan kata brook atau creek hanyalah soal kesepakatan penyebutan saja. Sebuah sungai kecil di satu daerah disebut brook, sungai lain dengan ukuran yang sama di wilayah lain bisa saja disebut creek karena penduduk sekitar menyebutnya demikian.

Kalau sobat ingin membayangkan seperti apa brook atau creek, gambaran berikut ini bisa membantu: untuk menyeberangi brook, sobat bisa dengan mudah melompatinya atau sekedar jalan kaki melaluinya karena memang dangkal. Untuk menyeberangi creek, sobat hanya perlu jalan dengan langkah lebar dan agak berat karena air sungai merendam barangkali hingga di atas mata kaki.Tetapi untuk menyeberangi river sobat barangkali harus berenang.

Tetapi sekali lagi, tidak ada patokan atau ukuran yang jelas dan tegas. Barangkali, kalau sobat ragu, sobat bisa menggunakan istilah small stream untuk menyebut sungai kecil brook dan creek, dan river jika sungai itu cukup besar dan sobat harus berenang untuk menyeberanginya.

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *