Blossom dan Bloom: Sama apa Beda?

By | March 9, 2016

Dua kata yang sedang kita bahas kali ini, blossom dan bloom, bisa berfungsi sebagai kata kerja maupun kata benda, dengan sedikit perbedaan dalam hal makna maupun penggunaan.

SEBAGAI KATA KERJA (VERB)

Kedua kata tersebut bisa berfungsi sebagai kata kerja (verb) dan kata benda (noun) tanpa mengalami perubahan bentuk.  Sebagai kata kerja, keduanya menurut Oxford English Dictionary mempunyai arti yang sama: berbunga, atau menghasilkan bunga.

Meskipun sama artinya, kata blossom lebih lazim digunakan untuk pohon yang menghasilkan buah yang bisa dimakan, misalnya, pohon apel, pohon cherry, yang menghasilkan jumlah bunga yang sangat banyak. Selain itu, blossom sebagai kata kerja juga dipakai untuk menggambarkan semak belukar yang sedang berbunga.

  • The apple tree growing in my backyard is blossoming. – Pohon apel yang tumbuh di halaman belakang sedang berbunga.
  • The cherry tree is starting to bloom. – Pohon cherry itu sedang mulai berbunga.

Sobat ingat bahwa kata blossom dengan makna ini sebenarnya digunakan untuk menjelaskan pohonnya, bukan bunganya. Maka, barangkali penutur asli bahasa Inggris tidak akan mengatakan ‘The apple tree is blossoming’ jika yang muncul di pohon baru satu atau dua bunga.

Bloom sebagai kata kerja lazim dipakai untuk mendeskripsikan tanaman bunga di kebun (yang memang sengaja ditanam dan dipelihara). Biasanya tanaman bunga semacam ini mempunyai bunga yang jauh lebih besar.

Sebagai kata kerja, blossom dan bloom juga digunakan untuk mendeskripsikan bunganya. Dalam hal ini, kedua kata tersebut mempunyai pengertian yang berbeda. Blossom menggambarkan tahap awal perkembangan bunga, yakni kuncup yang sedang dalam proses membuka, dan warnanya pun belum sempurna. Bloom  menggambarkan tahap ketika bunga sepenuhnya mekar, dan warnanya pun kelihatan sempurna.

SEBAGAI KATA BENDA (NOUN)

Sebagai kata benda, kedua kata tidak mempunyai perbedaan makna. Tak ada bedanya. Coba sobat bandingkan kedua kalimat berikut ini:

  • The apple tree is in blossom
  • The apple tree is in bloom

Keduanya kalimat itu mempunyai arti yang sama. Keduanya menjelaskan bahwa bunga yang tumbuh di pohon apel telah sepenuhnya mekar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *