Site icon englishforsma.com

Beside vs Besides

Dua kata yang kita bahas kali ini, beside dan besides, sekilas sangat mirip dalam hal ejaan, hanya selisih huruf s saja. Tetapi, keduanya berbeda dalam hal arti dan fungsi. Mari kita bahas satu per satu.

BESIDE

Kata ini termasuk dalam kategori preposisi atau kata depan, dan dalam bahasa Indonesia diartikan ‘di samping’, dalam pengertian letak atau posisi. Jadi, dalam kaitannya dengan letak atau posisi, kata ini mempunyai arti yang sama dengan next to, untuk menunjukkan bahwa sesuatu atau seseorang berada di samping sesuatu atau seseorang yang lain, meskipun kata ini terdengar lebih formal daripada next to. Coba sobat perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

BESIDES

Kata besides bisa berfungsi sebagai preposisi maupun adverb. Sebagai preposisi, kata ini sering diartikan ‘di samping’ dalam pengertian ‘selain’, BUKAN dalam pengertian tempat.  Coba sobat perhatikan kalimat-kalimat berikut:

Kata ini juga berfungsi sebagai adverb. Sebagai adverb, kata ini sering diartikan ‘selain itu’ atau ‘di samping itu’ dan diletakkan sebelum klausa. Coba sobat perhatikan contoh-contoh kalimat berikut:

Exit mobile version