Beauty Sleep

By | March 19, 2019

Beauty sleep. Hmmm …Pasti sobat semua sudah pernah mendengar istilah ini.  Apa sih sebenarnya artinya? Admin pertama kali mendengar istilah ini dari penutur asli di Adeliade, Australia Selatan tahun 1998, meskipun istilah ini, menurut kamus online  Merriam Webster, sudah digunakan sejak tahun 1828 dengan makna “sleep before midnight” – tidur sebelum tengah malam.

Tidak diketahui siapa yang menciptakan istilah ini. Tidak diketahui juga bagaimana dan mengapa istilah itu muncul, dan kemudian populer dipakai hingga sekarang. Tetapi, menilik kata-kata yang ada dalam istilah ini – beauty dan sleep – sobat bisa mengira-ira mengapa istilah ini dipakai untuk merujuk pada apa yang disebut sebagai ‘tidur sebelum tengah malam’.

Kata beauty termasuk dalam kategori nomina, dan dalam bahasa Indonesia diartikan kecantikan atau keindahan. Kata ini juga digunakan untuk menyebut seorang perempuan yang cantik rupawan. Kata sleep sebagai nomina diartikan tidur. Jadi, secara bebas istilah ini digunakan untuk menjelaskan tidur dalam jumlah cukup demi menjaga kecantikan, kebugaran, dan kesehatan supaya tetap terlihat cantik dan menarik.

Banyak orang percaya – lebih-lebih generasi tua – bahwa tidur sebelum tengah malam dianggap lebih baik. Bahkan mereka meyakini, dan selalu mengatakan kepada anak cucu mereka, bahwa tidur sebelum tengah malam bernilai dua kali lipat dibanding tidur setelah tengah malam.  Yang mereka yakini itu benar karena sudah terbukti bahwa  tidur lebih awal sebelum tengah malam memungkinkan orang untuk bangun dalam kondisi badan segar bugar.

Nah, sekarang sobat paham kenapa istilah beauty sleep dipakai dan diasosiasikan dengan tidur sebelum tengah malam. Tidur sebelum tengah malam berarti tidur dalam jumlah cukup sehingga keesokan harinya sobat bangun dalam kondisi segar bugar, cantik, dan menarik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *