Site icon englishforsma.com

Be Careful with vs Be Careful of vs Be Careful about

Sobat pembaca, topik yang kita bahas kali ini adalah ajektiva careful dalam kalimat imperative atau perintah. Ajektiva ini memang sering digunakan dalam kalimat perintah, yang diucapkan oleh pembicara kepada lawan bicara dengan maksud untuk mengingatkan agar lawan bicara berhati-hati terhadap atau akan seseorang atau sesuatu. Pola kalimat yang lazim adalah “be careful with” dan “be careful of”.

BE CAREFUL WITH

Sobat perhatikan preposisi yang dipakai adalah with. Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan berhati-hatilah dengan sesuatu atau seseorang. Ungkapan ini biasanya digunakan ketika sobat mengingatkan lawan bicara untuk menangani atau memperlakukan sesuatu atau seseorang (yang menjadi objek dari preposisi with) dengan baik dan hati-hati supaya lawan bicara tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan cedera, luka, kerusakan atau hal-hal lain yang menyebabkan kerugian. Berikut adalah beberapa contoh kalimat untuk memperjelas maksud ungkapan ini. 

BE CAREFUL OF

Bagaimana dengan ungkapan ini? Sobat perhatikan bahwa preposisi yang dipakai adalah of. Silakan gunakan preposisi of setelah kata careful untuk mengungkapkan bahwa sesuatu atau seseorang (yang menjadi objek preposisi of) itu berbahaya atau berpotensi menyebabkan kerugian sehingga sobat harus berhati-hati terhadapnya.

BE CAREFUL ABOUT

Bagaimana dengan ungkapan ini? Ungkapan menggunakan about sebagai preposisi. Dalam konteks ini, preposisi about sering diikuti oleh gerund, yaitu verba -ing yang berperan sebagai nomina. Lalu, artinya apa? Silakan sobat menggunakan ungkapan ini ketika sobat hendak mengungkapkan bahwa sobat mesti berhati-hati selama apapun yang sobat lakukan yang diungkapkan dengan verba -ing tersebut. Mari kita cermati contoh-contoh berikut:

Exit mobile version