Attack vs Assault vs Assail

By | November 16, 2016

Sobat pembaca, topik yang kita angkat kali ini adalah tiga verba yang mempunyai kedekatan makna: attack, assault, dan assail. Ketiganya bisa berarti ‘menyerang’ dalam bahasa Indonesia. Meskipun dalam konteks tertentu bisa saling menggantikan, sobat perlu mengetahui kecenderungan-kecenderungan penggunaan masing-masing kata dalam konteks sehari-hari.

ATTACK

Kata ini adalah kata yang mempunyai makna paling umum, dan dua kata lainnya adalah bagian atau jenis attack. Kata ini juga berfungsi sebagai nomina tanpa mengalami perubahan bentuk. Makna ‘menyerang’ yang terkandung dalam kata ini mempunyai pengertian yang sangat luas, dan digunakan dalam konteks yang beragam, dan TIDAK HANYA dalam pengertian mencoba melukai dengan kekerasan.

Cambridge Dictionary setidaknya menyebutkan 4 makna dalam konteks berbeda: 1. menyerang dalam pengertian melukai atau mengalahkan dengan kekerasan, seperti seseorang menyerang orang lain atau pasukan tentara menyerang sebuah kota; 2. menyerang secara verbal dengan kata-kata, seperti ujaran kebencian yang diarahkan kepada lawan politik, misalnya; 3. menyerang lawan dalam sebuah pertandingan olah raga; dan 4. menyerang dalam pengertian merusak, seperti penyakit tertentu menyerang sistem kekebalan tubuh, misalnya.

Nah. sobat bisa melihat bahwa makna ‘menyerang’ dari kata ini mempunyai cakupan pengertian yang luas dan konteks yang beragam. Mari kita lihat contoh-contoh kalimat berikut:

  • The fact is, when wolves attack a herd, they always take the weakest animal. – Faktanya, ketika serigala menyerang (dalam arti mencoba melukai atau mengalahkan dengan kekerasan) sekelompok hewan, mereka selalu mengambil hewan terlemah. (http://sentence.yourdictionary.com/).
  • Tuberculosis is a bacterial infectious disease that usually attacks the lungs. – TBC adalah penyakit penyebab infeksi yang disebabkan bakteri yang biasanya menyerang paru-paru. Dalam konteks ini, kata ini berarti menyerang dalam pengertian merusak.
  • Just watch. We will fiercely attack our opponent in the second half. – Lihat saja. Kami akan dengan ganas lawan kami di babak kedua.
  • For whatever reason, they liked to attack me with harsh words. – Dengan alasan apapun, mereka suka menyerang saya dengan kata-kata kasar.

ASSAULT

Kata ini juga berarti menyerang, tetapi digunakan dalam konteks yang lebih sempit. Menurut https://en.oxforddictionaries.com/definition/assault kata ini berarti menyerang secara fisik, bisa menggunakan tangan kosong atau alat lain seperti tongkat kayu atau pisau. Longman Language Activator menyebutkan bahwa kata ini terutama digunakan dalam konteks tindakan kriminal. Kata ini juga berarti menyerang secara verbal seperti halnya kata sebelumnya.

Dengan dua pengertian tersebut, kata ini bisa dipertukarkan dengan kata attack. Coba perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • The woman was brutally assaulted/attacked when she was walking alone in the park. – Perempuan itu secara brutal diserang ketika ia tengah berjalan sendirian.
  • For whatever reason, they liked to assault/attack me with harsh words. – Dengan alasan apapun, mereka suka menyerang saya dengan kata-kata kasar.

ASSAIL

Kata ini sinonim dengan assault. Awalnya, kata ini juga mengacu pada makna menyerang sebagaimana terkandung dalam makna assault. tetapi entah kenapa dalam penggunaan sehari-hari kata ini lebih sering digunakan dalam arti menyerang secara verbal, dengan kata-kata. Jadi,

  • For whatever reason, they liked to assailed/assault/attack me with harsh words. – Dengan alasan apapun, mereka suka menyerang saya dengan kata-kata kasar.
  • Netizens assailed/assaulted/attacked  the governor candidate with criticism. – Para netizen menyerang calon gubernur tersebut dengan kritikan.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *