At vs In: Ini Dia Bedanya!

By | November 18, 2018

Dua preposisi yang kita bahas kali ini – at dan in – dikategorikan sebagai preposition of place, yakni preposisi atau kata depan yang digunakan untuk merujuk pada posisi seseorang atau sesuatu. Banyak pembelajar bahasa Inggris mengalami kebingungan, preposisi apa yang mesti dipakai. At a hotel atau in a hotel? At a coffee shop or in a coffee shopAt the White House atau in the White House? At the airport atau in the airport? At a cafe atau in a cafe? At the bank atau in the bank? At the library atau in the library?

Pilihan preposisi mana yang mesti digunakan tergantung pada apa yang ada di benak pembicara. Mari kita bahas satu per satu.

AT

Sobat silakan menggunakan preposisi ini ketika sobat membicarakan lokasi atau tempat sebagai sebuah TITIK (bayangkan sobat membuka google map – tempat yang sobat cari, bahkan kota, akan ditampilkan sebagai titik),  dan tidak penting bagi sobat untuk menyebutkan di bagian mana dari tempat itu sobat berada. Konsep ini sering juga kita gunakan dalam konteks penggunaan preposisi “di” dalam bahasa Indonesia. Ilustrasi berupa percakapan berikut bisa membantu sobat memahami yang dimaksud. Ini percakapan yang terjadi antara sobat dengan teman sobat lewat HP. T merujuk pada teman Anda, dan A merujuk pada Anda.

T: Lagi di mana. nih?
A: Lagi di Hotel Garuda.
T: Posisi di dalam apa di luar hotel?
A: Di luar.

Coba sobat cermati ungkapan sobat “Lagi di Hotel Garuda”. Sobat tidak mengatakan “Lagi di dalam/di luar Hotel Garuda” karena waktu berbicara di awal percakapan, sobat memang tidak sedang bermaksud menyampaikan secara spesifik sobat berada di bagian hotel yang mana, karena itu tidak penting bagi sobat. Yang sobat ingin sampaikan adalah sobat berada di Hotel Garuda. Sobat membayangkan Hotel Garuda sebagai sebuah titik lokasi sobat berada.

Ini sama dengan ketika sobat berbicara dengan teman,”Saya lagi di Mall Taman Anggrek ni. Mau titip apa?” Apakah sobat berada di luar atau di dalam mall, itu tidak penting bagi sobat. Tujuannya bukan menunjukkan di dalam atau di luar mall. Anda hanya ingin menyampaikan sobat berada di Mall Anggrek. Dan sekali lagi, sobat membayangkan mall ini sebagai titik lokasi.

Konsep di atas berlaku untuk preposisi at dalam bahasa Inggris. Penutur asli akan menggunakan preposisi at  ketika mereka membayangkan lokasi keberadaan mereka sebagai sebuah titik lokasi. Berikut adalah beberapa contoh

  • Hi, Bob, now I’m at Taman Anggrek Mall. Do you want me to get you something? – Hi, Bob, saya lagi di Mal Taman Anggrek. Kamu mau dibelikan apa?
  • I’ve got to go now. There’s a press conference at the White House I need to attend. – Saya harus pergi. Ada konferensi pers di Gedung Putih yang harus saya hadiri.
  • They met at a coffee shop in London 2010, and they got married two years later. – Mereka bertemu di keadi kopi di London  tahun 2010, dan mereka menikah dua tahun kemudian.

Catatan: Bahkan sobat bisa menggunakan preposisi at diikuti nama kota, misalnya, at Yogyakarta, jika sobat membayangkan kota Yogyakarta sebagai sebuah titik lokasi. Contoh yang mudah diingat adalah ketika sobat naik kereta api dari Surabaya ke Bandung dan berhenti di Yogyakarta. Penutur asli akan mengatakan:

  • The train to Bandung stops at Yogyakarta. – Kereta api ke Bandung berhenti di Yogyakarta. Cara berpikirnya, bayangkan suatu garis dari Surabaya ke Bandung dan sepanjang garis itu terdapat titik-titik kota yang akan dilalui kereta.

IN

Preposisi ini sudah pernah dibahas dalam artikel sebelumnya. Silakan sobat membaca ulang penjelasan tentang kata ini di link ini. Dalam kaitannya dengan tempat atau lokasi, preposisi in digunakan jika sobat ingin menunjukkan bahwa seseorang atau sesuatu berada DI DALAM. Artinya, ketika sobat menggunakan in, sobat menegaskan bahwa seseorang atau sesuatu berada di dalam bangunan, ruangan, atau tempat lain yang tertutup pada semua sisinya, maupun kota, negara, atau tempat lain yang sobat bayangkan bisa berada di dalamnya.

Ketika sobat dihadapkan pada pilihan-pilihan di atas, misalnya, at/in the library, at/in a hotel, at/in the airport, sobat silakan pilih preposisi in kalau sobat memang menegaskan bahwa sobat beraktivitas atau berada di dalam perpustakaan, hotel, atau bandara.

  • I saw a cat in the library. It could be your cat. – Saya melihat seekor kucing di dalam perpustakaan. Mungkin itu kucingmu.
  • I had a cup of coffee at a coffee shop in the airpport 30 minutes before boarding. – Saya minum secangkir kopi di satu kedai kopi di dalam bandara tiga puluh menit sebelum masuk pesawat.
  • She hid her boyfriend in a hotel in Dubai when she knew the police were after him. – Dia menyembunyikan pacarnya di dalam sebuah hotel di Dubai ketika dia tahu polisi mengejarnya.

Apakah sobat bisa menggunakan preposisi at dalam kalimat-kalimat di atas? Tentu saja bisa, tergantung makna yang sobat hendak sampaikan. Penutur asli akan menggunakan at kalau dalam benak mereka membayangkan tempat-tempat itu sebagai titik lokasi saja. “I saw a cat at the library” berarti sobat melihat kucing itu di perpustakaan. Maksudnya, kucing itu bisa berada di area pintu masuk, bisa di pojok perpustakaan, bisa juga di dalam perpustakaan, bisa di halaman dekat pagar perpustakaan. Tetapi informasi soal di mana persisnya kucing itu TIDAK penting. Yang jelas di area perpustakaan. Sebaliknya, penutur asli akan menggunakan preposisi in kalau jelas-jelas sobat ingin menegaskan bahwa sobat melihat kucing itu DI DALAM perpustakaan.

 

 

 

2 thoughts on “At vs In: Ini Dia Bedanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *