Arab vs Arabic vs Arabian: Cermati Bedanya!

By | April 3, 2019

Ketiga kata yang kita bahas kali ini bisa berfungsi baik sebagai ajektiva maupun nomina. Ketiganya digunakan untuk menjelaskan hal-hal terkait dunia Arab. Tetapi, perlu dipahami bahwa ketiganya digunakan dalam situasi berbeda. Mari kita bahas satu per satu.

ARAB

Kata ini yang paling umum digunakan dibanding dua kata lainnya. Kata ini bisa berfungsi sebagai nomina maupun ajektiva. Sebagai nomina kata ini merujuk pada bangsa atau orang-orang Arab. Yang harus dipahami adalah kata ini TIDAK merujuk secara eksklusif kepada negara Arab Saudi.

Kata Arab dipakai untuk secara lebih luas berbicara tentang etnis Arab, bangsa yang mendiami wilayah semenanjung Arab. Orang-orang Arab disebut Arabs. Ada banyak negara di wilayah ini, dan negara-negara tersebut disebut Arab countries. Semua hal yang berkaitan dengan adat istiadat, budaya, negara, orang-orangnya dijelaskan dengan kata ini. Maka ada frasa-frasa Arab customs, Arab culture, Arab nations, Arab states, Arab people, Arab individuals, Arab worldArab ethnicity, dan lain-lain.

ARABIC

Kata ini bisa berfungsi sebagai nomina maupun ajektiva, dan  secara terbatas digunakan untuk menyebut bahasa yang digunakan oleh etnis Arab. Bahasa yang mereka gunakan disebut Arabic, atau the Arabic language. Selain itu kata ini juga digunakan untuk menjelaskan sistem angka Arab, yang disebut Arabic numerals. Maka, keliru kalau kita mengatakan Arab(ian) language (X) ataupun Arab(ian) numerals.

Meskipun bahasa Arab berasal dari semenanjung Arab, bahasa ini menyebar dengan cepat ke wilayah/negara yang sebenarnya TIDAK termasuk negara Arab (maksudnya orang-orangnya bukan termasuk etnis Arab), misalnya, Mesir. Jadi: Egyptians are actually not Arabs, but they speak Arabic. That’s why they consider themselves to be Arabs – Orang-orang Mesir sebenarnya bukan (etnis) Arab, tetapi mereka berbicara Bahasa Arab. Itulah sebabnya mereka menganggap mereka orang Arab.

ARABIAN

Kata ini digunakan dalam lingkup sempit dan sangat terbatas, dan hanya dipakai ketika sobat berbicara tentang kuda Arab, yang dalam bahasa Inggris disebut Arabian horses. Kata ini juga ditemukan dalam judul kumpulan cerita yang disebut the Arabian Nights (dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Dongeng Seribu Satu Malam).

Kata ini juga digunakan dalam frasa Saudi Arabian untuk menyebut warga negara Arab Saudi dan aspek lain negara ini, sebagai salah satu negara di wilayah semenanjung Arab. Orang-orang Arab Saudi disebut Saudi Arabians, meskipun mereka lebih sering dan lebih lazim disebut Saudis, sebutan yang awalnya secara khusus merujuk pada anggota keluarga Kerajaan Arab Saudi.

Semoga membantu.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *