Made of vs Made from vs Made out of?

By | February 22, 2016

Dalam bahasa Inggris, ada beberapa cara untuk mengungkapkan dari apa sesuatu dibuat. Ungkapan-ungkapan tersebut adalah made of, made from, made out of, dan made with. Semua ungkapan ini berarti ‘terbuat dari’. Masing-masing ungkapan ini  digunakan dalam konteks yang berbeda. Mari  kita membahas masing-masing ungkapan tersebut.

MADE OF

Made of‘ digunakan ketika materi atau bahan yang dipakai untuk membuat sebuah produk masih ada dalam produk jadinya dan tidak mengalami perubahan apapun. Coba sobat perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • Those chairs are made of wood. – Kursi-kursi itu terbuat dari kayu. Made of digunakan dalam dalam kalimat ini karena wood atau kayu tetap berujud kayu saat kursi sebagai produk akhirnya jadi. Kayu tidak hilang atau berubah menjadi sesuatu yang lain.
  • The shoes are made of leather. – Sepatu itu terbuat dari kulit. Dalam kalimat ini made of digunakan karena leather atau kulit tetap berupa kulit ketika sepatu jadi.
  • Silvy wears a necklace made of silver. – Silvy memakai kalung yang terbuat dari perak. Sama seperti dalam kalimat-kaimat sebelumnya, made of digunakan karena silver atau perak tetap berujud perak ketika kalung sebagai produk akhir jadi.

MADE FROM

Made from‘ digunakan ketika materi yang digunakan untuk membuat sesuatu tidak tampak lagi dalam produk jadinya karena telah berubah menjadi sesuatu yang lain. Berikut adalah contoh-contoh kalimat yang sobat bisa cermati.

  • Cheese is made from milk. – Keju terbuat dari susu. Made from digunakan karena milk atau susu tidak lagi ada dalam produk akhirnya (cheese) karena sudah berubah menjadi sesuatu yang lain.
  • Wine is made from grapes. – Anggur terbuat dari buah anggur. Made from digunakan karena grapes atau buah anggur sudah tidak ada lagi karena sudah berubah menjadi sesuatu yang lain (wine).
  • Plastic is made from oil. – Plastik terbuat dari minyak. Oil atau minyak tidak ada lagi dalam produk jadinya. Itulah sebabnya made from digunakan.

MADE OUT OF

‘Made out of’ digunakan ketika sobat berbicara tentang sesuatu yang telah sepenuhnya berubah atau diubah menjadi sesuatu yang lain dengan cara yang tidak biasa/lazim.

  • The decorative flowers are made out of plastic bottles. – Bunga-bunga dekoratif itu terbuat dari botol-botol plastik. Botol-botol plastik secara tidak biasa telah diubah menjadi sesuatu yang lain, yakni bunga plastik.
  • He is wearing shoes made out of rubber tires. – Ia memakai sepatu terbuat dari ban karet. Ban karet telah diubah secara tidak biasa menjadi sesuatu yang lain, yakni sepatu.

Semoga membantu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *