Alumnus vs Alumni vs Alumna vs Alumnae: Pahami Bedanya!

By | March 27, 2020

Sobat pembaca setia, kali ini kita bahas empat nomina yang mempunyai kedekatan makna, dan semuanya berakar pada bahasa Latin: alumnus, alumni, alumna, dan alumnae. Keempatnya berarti lulusan dari lembaga pendidikan. Banyak pembelajar bahasa Inggris mengalami kesulitan membedakan empat nomina ini karena kemiripan ejaan. Mari kita bahas masing-masing kata.

ALUMNUS/ALUMNI

Dua kata ini sengaja ditempatkan dalam satu bagian karena saling berkaitan: alumnus adalah bentuk singular  (tunggal) dan alumni adalah bentuk plural (jamak). Kata alumnus, menurut kamus online Cambridge Dictionary, berarti “someone who has left a school, college, or university after finishing their studies there – seseorang yang telah meninggalkan sekolah, perguruan tinggi, atau universitas”. Menurut kamus online yang sama, bentuk jamak dari kata ini adalah alumni, yang berarti “men and women who have completed their studies, esp. at a college or university – pria dan wanita yang telah menyelesaikan studi, khususnya di perguruan tinggi atau universitas.

Perlu dicatat bahwa ada perbedaan penggunaan antara kedua kata ini terkait jenis kelamin. Kata alumnus digunakan untuk menyebut satu lulusan laki-laki. Bentuk pluralnya, alumni, secara teknis digunakan untuk merujuk pada lulusan laki-laki, tetapi saat ini kata ini digunakan untuk menyebut sekelompok campuran lulusan laki-laki dan perempuan dari sekolah yang sama.

ALUMNA/ALUMNAE

Sama seperti pasangan kata sebelumnya, dua kata ini ditempatkan dalam bagian yang sama karena saling berkaitan.  Alumna adalah bentuk singular (tunggal), dan alumnae bentuk plural (jamak). Bagaimana dengan makna kata kedua kata ini? Sobat pasti sudah bisa menduga. Benar, kata alumna dipakai untuk menyebut satu orang lulusan perempuan. Kamus online Cambridge Dictionary menyebutkan bahwa kata alumna berarti “a female alumnus – satu orang lulusan berjenis kelamin perempuan.” Bentuk jamaknya, alumnaea, dipakai untuk menyebut lulusan perempuan, terutama kalau mereka lulus dari sekolah khusus perempuan.

Kesimpulannya begini:

  • Alumnus – Gunakan kata ini kalau sobat merujuk pada satu orang lulusan berjenis kelamin laki-laki
  • Alumni – Gunakan kata ini kalau sobat berbicara tentang lebih dari satu lulusan yang semuanya berjenis kelamin laki-laki, atau kalau sobat merujuk pada lebih dari satu lulusan campuran laki-laki dan perempuan dari sekolah yang sama.
  • Alumna – Gunakan kata ini untuk merujuk pada satu orang lulusan berjenis kelamin perempuan
  • Alumnae – Gunakan kata ini kalau sobat merujuk pada lebih dari satu lulusan berjenis kelamin perempuan
Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *