All Hell Breaks Loose

By | April 18, 2021
Sobat pembaca, idiom yang kita bahas kali ini masih terkait dengan novel “The Swallows” yang pernah saya ceritakan di tulisan sebelumnya. Ungkapan ini muncul pada halaman 176, dan ditemukan dalam kalimat yang berbunyi seperti ini:

The editors never want to see them (the official minutes – catatan rapat) until they do, and if they don’t have them, ALL HELL BREAKS LOOSE.” Kata editors dalam kalimat ini adalah sebutan untuk anggota kelompok eksklusif yang ada di SMA Stonebridge. Secara harafiah diartikan seluruh isi neraka lepas (dan berkeliaran bebas).

Dalam ungkapan tersebut ada kata loose, yang sering dipakai dalam frasa on the loose untuk menggambarkan hewan yang lepas dan berkeliaran bebas. Saya ingat pernah membaca cerita judulnya “A Tiger on the Loose” – Seekor harimau yang lepas dari kurungan dan kemudian berkeliaran bebas. Tak hanya untuk hewan. Contoh lain, misalnya, a serial killer on the loose, pembunuh berantai yang berkeliaran.

Ungkapan all hell breaks loose secara literal kurang lebih berarti seluruh isi neraka lepas. Bisa dibayangkan seluruh isi neraka lepas. Iblis, setan gundul, dhemit, lelembut, gendruwo, thuyul, kuntilanak, thethekan, wewe lepas dari neraka dan berkeliaran bebas. Pasti kacau balau (dan pasti serem 😵😵). Ibaratnya begitu (sebenarnya ya saya tidak tahu isi neraka, kan belum pernah tengok ke sana 🤭🤭). Jadi, ungkapan all hell breaks loose itu berarti semuanya menjadi kacau balau.

Dari mana asal ungkapan tersebut? Menurut satu sumber, idiom ini diciptakan John Milton, seorang penyair Inggris lewat puisi religiusnya berjudul “Paradise Lost”, yang berkisah tentang Setan, malaikat yang memberontak melawan Tuhan, dan kemudian diusir keluar dari surga dan masuk neraka. Setan pergi ke Taman Eden, menggoda Adam dan Hawa. Dalam puisi tersebut, Setan ditanya, kenapa tidak semua penghuni neraka tidak lepas dan mendatangi Taman Eden? “Wherefore with thee came not all hell broke loose?”.

Ini contoh kalimatnya:

All of a sudden there was a huge explosion, and then all hell broke loose.” – Tiba-tiba saja ada ledakan besar, dan kemudian semua menjadi kacau.

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Illegal string offset 'subject' in /home/englishf/public_html/wp-content/plugins/spamlord/spamlord.php on line 86