Aircraft atau Airplane?

By | December 8, 2015

Sobat pembaca, kali ini saya ingin mengulas dua kata yang barangkali sedikit membingungkan, aircraft dan airplane. Beda atau sama sih sebenarnya? Jawabannya jelas, dua kata itu memang berbeda arti. Mari kita bahas kedua kata ini satu per satu.

AIRCRAFT

Kata ini mengacu pada segala macam mesin buatan manusia yang bisa terbang, termasuk airplane. Jadi, airplane adalah salah satu bentuk aircraft. Apa saja yang termasuk aircraft? Banyak, termasuk diantaranya balon udara, glider, helikopter, pesawat, bahkan layang-layang, dan lain-lain. Maka, kata ini barangkali lebih tepat diartikan sebagai mesin terbang.

Kalau sobat pernah bepergian naik pesawat terbang ke negara lain, kata ini kadang-kadang digunakan juga, ketika salah satu kru pesawat menyampaikan sesuatu kepada penumpang. Tentu tidak salah. Dalam konteks ini, sang kru pesawat sedang merujuk pada pesawat yang sobat naiki tentu saja, dan dia sedang menggunakan makna yang umum. Maka, kadang-kadang dalam konteks sehari-hari, kata ini digunakan untuk merujuk pesawat terbang bersayap seperti pada umumnya pesawat yang kita naiki sebagai alat transportasi.

  • The trip between Yogyakarta and Jakarta was in a much smaller aircraft. – Perjalanan antara Yogyakarta dan Jakarta menggunakan pesawat yang jauh lebih kecil. Dari konteks kalimat ini sobat bisa memahami bahwa kata ini merujuk pada pesawat terbang yang biasa kita naiki, bukan pada bentuk-bentuk mesin terbang lainnya.

AIRPLANE

Airplane adalah salah satu jenis aircraft.  Orang Inggris menyebutnya aeoroplane, dan dalam bahasa sehari-hari biasa disebut plane. Airplane diterjemahkan sebagai pesawat terbang dalam bahasa Indonesia. Ciri-ciri airplane adalah bermesin dan bersayap. Airplane sendiri beragam jenisnya, termasuk airliner (pesawat penumpang seperti airbus, yang masuk dalam kategori pesawat komersil), pesawat baling-baling (misalnya, fokker), pesawat tempur, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *