Advantage vs Benefit

By | April 12, 2016

Dalam praktik sehari-hari, banyak orang merasa sulit untuk membedakan dua kata ini, yang sebenarnya mempunyai pengertian berbeda. Advantage barangkali lebih tepat diartikan keunggulan atau kelebihan, sementara benefit adalah keuntungan yang ditawarkan oleh keunggulan itu.

Coba sobat bayangkan ilustrasi ini. Sobat hendak membeli sepeda. Sobat tertarik dengan satu sepeda di sebuah pameran. Sepeda ini mempunyai sadel terbuat dari gabus kualitas atas, sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Sadel dari gabus kualitas atas itu disebut feature, yakni sesuatu yang dipunyai oleh sebuah produk yang tidak terdapat pada produk lain.

Yang disebut advantage adalah apa yang bisa dilakukan oleh feature itu, lepas dari apakah itu menjawab kebutuhan Anda atau tidak. Jika sobat bisa duduk dengan nyaman di atas sadel dari gabus itu karena ia lebih empuk dan lembut dibanding pegas (seperti pada kasur spring bed), itulah yang disebut advantage. Itulah yang disebut keunggulan atau kelebihan yang ditawarkan oleh fitur sebuah produk.

Bagaimana dengan benefit? Jika duduk di atas sadel empuk dan lembut itu berarti mengurangi rasa sakit yang mungkin timbul di bokong pengendara, dan hal itu menjawab kebutuhan sobat dan memberikan solusi untuk sobat, itulah yang disebut benefit.

Jadi, feature sebuah produk itu adalah sarana yang dibuat oleh produsen untuk memberikan benefit, sesuatu yang berarti bagi sobat dan memberikan solusi atau jawaban atas kebutuhan sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *