Admit vs Confess: Apa sih Bedanya?

By | April 17, 2016

Kedua kata ini bisa diartikan mengaku atau mengakui, tergantung konteks kalimatnya. Karena keduanya merujuk pada kata yang sama dalam bahasa Indonesia, banyak orang mengalami kesulitan untuk membedakan dan memahami penggunaan masing-masing kata.

Admit berarti mengakui bahwa sebuah fakta atau pernyataan itu benar adanya. Kata ini digunakan, misalnya, ketika sobat mengakui di hadapan orang lain bahwa sobat telah melakukan kesalahan, terutama setelah orang lain membujuk Anda untuk mengakui perbuatan itu (Longman Language Activator hal. 15)..

  • He admitted to his mom that he had hid his sister’s toy. – Ia mengaku pada ibunya bahwa ia telah menyembunyikan mainan adiknya. Artinya, sobat mengakui bahwa perbuatan itu benar adanya, dan sobat tidak menyangkalnya.
  • He admited stealing his deskmate’s pencil.- Ia mengakui mencuri pensil milik teman sebangkunya. Sobat mengakui perbuatan ini benar adanya, dan sobat tidak menyangkalnya.

Yang perlu dipahami – dalam konteks melakukan sesuatu yang salah – adalah, kata admit berarti mengakui bahwa sobat memang melakukan kesalahan itu (artinya, memang benar sobat melakukan kesalahan itu), TANPA merasa bersalah.

Kalimat pertama, misalnya, berarti sobat mengakui fakta bahwa memang Anda lah yang menyembunyikan mainan itu, tetapi sobat tidak merasa bersalah telah melakukan perbuatan itu. Sobat hanya mengakui perbuatan itu sebagai fakta. Tak lebih dari itu. Demikian juga dengan kalimat kedua.

Lain halnya jika sobat menggunakan kata confess dalam kedua kalimat di atas:

  • He confessed that he had hid his sister’s toy. – Ia mengakui (dan MERASA BERSALAH) bahwa ia telah menyembunyikan mainan adik perempuannya.
  • He confessed that he had stolen his deskmate’s pencil. – Ia mengakui (dan MERASA BERSALAH) bahwa ia telah mencuri pensil teman sebangkunya.

Maka, karena kata confess melibatkan perasaan bersalah, kata ini lazim digunakan ketika seseorang mengakui melakukan kesalahan di hadapan polisi atau pihak lain yang mempunyai otoritas.

  • The woman finally confessed before the court that she had killed her husband. – Akhirnya, perempuan itu mengaku (dan merasa bersalah) di hadapan pengadilan bahwa ia telah membunuh suaminya.

Karena kata admit sebenarnya hanya berarti mengakui bahwa sesuatu itu benar adanya, dan confess itu berarti mengakui kesalahan dan merasa bersalah, hanya kata admit lah yang bisa digunakan dalam kalimat-kalimat berikut:

  • Okay, I have to admit that you are right. – Oke, saya harus akui bahwa Anda benar (dan menerima ini sebagai fakta). Okay, I have to confess that you are right (X).
  • I admit that I have a crush on that girl. – Saya mengakui (sebagai kebenaran) bahwa saya menyukai gadis itu. I confess that I have a crush on that girl (X)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *