Admission vs Admittance: Ini Dia Bedanya!

By | August 27, 2017

Sobat pembaca setia, kali ini kita akan membahas 2 nomina dalam bahasa Inggris yang sering kali membingungkan bagi sementara pembelajar bahasa Inggris: admission dan admittance. Dua kata ini membingungkan karena keduanya berasal dari verba yang sama, yakni admit. Verba admit berarti menerima, dan dua nomina itu bisa diartikan penerimaan.

Kata admission sendiri mempunyai beberapa makna, termasuk pengakuan (bahwa sesuatu memang benar terjadi), kondisi ketika seseorang diterima masuk ke lembaga atau institusi tertentu, atau tindakan menerima (sesuatu atau seseorang). Ada satu titik ketika kedua verba menjadi membingungkan, yakni ketika keduanya berarti penerimaan. Mari kita bahas satu per satu.

ADMISSION

Kata ini bisa digunakan untuk menggambarkan seseorang diterima masuk ke sebuah lembaga atau institusi. Yang dimaksud ‘diterima masuk’ di sini bisa dalam pengertian figuratif (kiasan) maupun harafiah. Jadi, kata ini digunakan dalam konteks yang lebih luas daripada admittance.

Misalnya, kalau sobat lolos tes masuk perguruan tinggi, diterima masuk sebagai mahasiswa di institusi itu, dan menjadi bagian dari lembaga itu, sobat bisa menggambarkan situasi sobat diterima masuk itu dengan kata ini. Dalam konteks seperti ini, kata ini digunakan dalam pengertian kiasan atau figuratif. Maksudnya, sobat secara resmi diterima masuk sebagai mahasiswa dan boleh belajar di tempat itu, tetapi hari pertama sobat masuk kuliah (hari ketika sobat secara harafiah dan secara fisik memasuki tempat itu) baru akan terjadi beberapa bulan berikutnya.

  • I am so thankful for my admission to the university. – Saya bersyukur saya diterima di universitas itu.
  • My frends and relatives congragulated me on my admission to the master’s program. – Teman dan kerabat mengucapkan selamat saya diterima di program pasca sarjana.

Contoh lain, kalau seseorang sakit, atau seorang ibu hendak melahirkan bayi, dan kemudian dibawa ke rumah sakit, dan “diterima” masuk sebagai pasien, situasi ini juga bisa dideskripsikan dengan kata ini. Tetapi, kata ini dipakai dalam pengertian harafiah. Maksudnya, seseorang secara harafiah atau secara fisik diterima masuk ke rumah sakit itu sebagai pasien.

  • It is important to know what happens on your admission to hospital. – Penting untuk mengetahui apa yang terjadi saat masuk rumah sakit (sebagai pasien).

CATATAN: Meskipun kata ini bisa digunakan dalam pengertian harafiah, nomina ini paling sering dipakai dalam pengertian figuratif.

ADMITTANCE

Kata ini juga diartikan diterima masuk. Berbeda dengan admission, kata ini HANYA bisa digunakan untuk mendeskripsikan situasi ketika seseorang diterima masuk secara fisik ke sebuah tempat tertentu. Maka, kata ini bisa jua dipakai untuk menggantikan admission dalam kalimat ketia di atas:

  • It is important to know what happens on your admittance to hospital.

Contoh lain, sobat bisa diterima ke masuk ke kelab malam kalau sobat berusia setidaknya 21 tahun:

  • You will be refused admittance to the night club unless you are 21 years old and above. – Kamu akan ditolak masuk ke kelab malam kecuali kamu berusia 21 tahun ke atas.
  • How do you feel about birthday parties with an admittance fee? – Apa pendapatmu tentang pesta ulang tahun dengan biaya masuk?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *