Act vs Action: Perbedaan

By | March 5, 2017

Sobat pembaca, dua kata yang kita bahas kali ini, act dan action, memang agak membingungkan bagi pembelajar bahasa Inggris. Kata pertama bisa berfungsi sebagai kata kerja dan kata benda. Sementara kata kedua hanya bisa berfungsi sebagai kata benda. Tulisan sederhana ini membandingkan kedua kata dalam fungsinya sebagai kata benda.

ACT

Sebagai kata benda, kata ini diartikan perbuatan, meskipun tentu kata ini juga mempunyai makna-makna lain. Kamus online Dictionary.com menyebutkan bahwa kata ini berarti anything done, being done, or to be done – apapun yang dilakukan, sedang dilakukan, atau akan dilakukanItu kata kamus.

Tetapi, penutur asli bahasa Inggris memaknai kata ini dalam dua cara. Pertama, penutur asli menggunakan kata ini untuk merujuk pada perbuatan hebat atau luar biasa. Dalam pengertian ini, biasanya mereka menggunakan frasa act of, misalnya act of bravery (perbuatan yang menunjukkan keberanian), act of goodnes (perbuatan yang menunjukkan kebaikan), act of virtue (perbuatan yang menunjukkan kebajikan), act of kindness (perbuatan yang menunjukkan kebaikan hati), act of happiness (perbuatan yang mencerminkan kebahagiaan), dan lain-lain.

Kedua, penutur asli juga menggunakan kata ini untuk menyebut sesuatu yang dilakukan, tetapi BUKAN tindakan yang sangat spesifik. BUKAN tindakan-tindakan ‘kecil’ sehari-hari yang kita lakukan seperti menggerakkan tangan, melompat, mengendarai mobil, menjebol tembok, dan lain-lain. Sekali lagi, dalam pengertian ini, kata act diartikan perbuatan. Sesuatu yang lebih besar, dan untuk melakukan itu diperlukan tindakan-tindakan yang lebih spesifik (action).

Contohnya begini. Kita ambil perbuatan korupsi. Sobat pasti agak sulit membayangkan tindakan-tindakan spesifik yang dilakukan koruptor ketika sobat mendengar kata korupsi (tergantung kasus dan modusnya). Ini perbuatan yang ‘besar’ yang membutuhkan beberapa tindakan tertentu yang lebih kecil, yang secara keseluruhan atau secara bersama-sama melahirkan korupsi.

Bayangkan seseorang yang melakukan korupsi dengan menjadi makelar dalam seleksi pegawai baru. Ia melakukan serangkaian tindakan ini: 1) mendatangi seseorang yang sebelumnya telah meneleponnya yang bersedia membayar sejumlah uang jika anaknya bisa diterima; 2) melakukan kesepakatan-kesepakatan termasuk jumlah uang; 3) menghubungi orang dalam yang bisa diajak kerjasama; 4) orang dalam akan melakukan sesuatu agar anak si penyuap bisa lolos seleksi’ dan seterusnya, sampai perbuatan korusi itu terjadi. Begitulah kira-kira gambarannya.

  • Corruption is a criminal act. – Korupsi itu perbuatan kriminal. Corruption is a criminal action (X).
  • Social charity work is a kind act. – Karya amal adalah perbuatan yang baik.

ACTION

Kata ini biasa digunakan untuk menyebut tindakan-tindakan yang kongkrit dan nyata. Yang dimaksud kongkrit adalah ketika seseorang menyebutkannya, sobat bisa langsung membayangkannya. Aksi-aksi yang dilakukan dalam film, misalnya bisa disebut dengan kata ini. Tindakan-tindakannya kelihatan, dan nyata.

Pasukan militer yang menembakkan meriam, menambaki musuh, menjatuhkan bom bisa disebut telah melakukan military action. Tindakan-tindakannya kongkrit.

  • What you just did – jumping over those cars on that motorcycle – was a brave action. – Yang kamu lakukan barusan – melompati mobil-mobil itu dengan motor – adalah tindakan yang berani. A brace act (X).
  • We have to take necessary actions against fake news. – Kita harus mengambil tindakan-tindakan melawan berita palsu.

Semoga membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *