Acknowledge vs Recognize: Persamaan dan Perbedaan

By | April 27, 2018

Sobat pembaca, dua kata kerja yang kita bahas kali ini, acknowledge dan recognize, memang mempunyai persilangan makna. Maksudnya, ada konteks tertentu ketika keduanya bisa merujuk pada arti yang secara umum sama, meskipun ada perbedaan sangat tipis, dan ada konteks lain ketika keduanya sama sekali berbeda makna. Persamaan dan perbedaan kedua kata itu juga bisa diterapkan pada bentuk nomina masing-masing kata: acknowledgement dan recognition.

Dalam tataran praktis, kedua kata bisa saling menggantikan ketika keduanya berarti mengakui dalam pengertian menghargai upaya, usaha, kontribusi, atau apa pun yang sudah dilakukan oleh seseorang. Meskipun secara umum mempunyai arti yang sama dalam pengertian ini, masing-masing kata membawa nuansa yang berbeda. Coba sobat perhatikan kalimat berikut ini:

  • The government recognizes the hard work and contributions of teachers at all levels. – Pemerintah mengakui (menghargai) kerja  keras dan kontribusi guru pada semua tingkat.
  • The government acknowledges the hard work and contributions of teachers at all levels. – Pemerintah mengakui (menghargai) kerja  keras dan kontribusi guru pada semua tingkat.

Kedua kalimat contoh di atas sama-sama menunjukkan bahwa pemerintah mengakui dalam pengertian menghargai kerja keras dan kontribusi guru. Tetapi, ada perbedaan sangat tipis. Kalau sobat menggunakan kata recognize, biasanya ada kompensasi yang mengikuti, misalnya dengan memberikan reward berupa kenaikan gaji, insentif, atau bentuk-bentuk penghargaan lain.

Kalau sobat menggunakan kata acknowledge, tidak ada bentuk-bentuk kompensasi apapun karena kata ini sekadar berarti membiarkan orang lain tahu bahwa sobat mengetahui apa yang telah mereka lakukan. Ini juga bentuk pengakuan, hanya saja dilakukan dengan cara berbeda.

Ada perbedaan lain. Kata acknowledge berarti mengakui  atau mengakui atau menghargai dan menyatakannya kepada publik atau setidaknya satu pihak lain. Jadi, pengakuannya bersifat eksternal. Itulah sebabnya, dalam skripsi yang sobat tulis, terutama yang berbahasa Inggris, selalu ada bagian yang disebut acknowledgement, halaman khusus untuk menunjukkan penghargaan atau ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu sobat selama proses penulisan skripsi. Sebaliknya, kata recognize berarti mengakui atau menghargai seseorang tanpa sepengetahuan pihak lain, cukup sobat saja.

Kamus online menyebutkan bahwa kata acknowledge bisa berarti mengakui dalam pengertian menerima kebenaran, fakta, atau keberadaan sesuatu. Jadi kalau sobat ingin menunjukkan bahwa sesuatu itu benar adanya, bahwa sesuatu itu ada, silakan sobat gunakan kata ini. Dalam pengertian ini, kata ini sama artinya dengan admit. Dalam hal ini, kata recognize tidak bisa digunakan dalam konteks ini.

  • Atheists do not acknowledge the existence of God. – Ateis tidak mengakui eksistensi Tuhan. Atheist do not recognize the existence of God (X)
  • The government acknowledges that poverty has been escalating since the economic collapse of the country. – Pemerintah mengakui bahwa kemiskinan meningkat sejak kejatuhan ekonomi negara itu. The government recognizes that poverty … (X). Dalam konteks ini, pemerintah menerima kebenaran fakta soal meningkatnya kemiskinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *