Accident, Crash, Collision: Apa Bedanya?

By | May 13, 2016

Secara umum ketiganya bisa diartikan ‘kecelakaan’. Tetapi, ketiganya mempunyai konotasi yang berbeda. Accident barangkali kata yang paling umum, mencakup dua kata lain yang merujuk pada jenis kecelakaan yang lebih spesifik, dan barangkali mengungkapkan ’emosi’ dan nuansa yang lebih kuat.

ACCIDENT

Kata ini secara umum berarti segala peristiwa yang terjadi secara tidak sengaja. Tetapi, kata ini secara khusus juga mengacu pada peristiwa yang disebut ‘kecelakaan’ yang melibatkan kendaraan bermotor atau tidak bermotor di jalan raya seperti sepeda, sepeda motor, atau mobil, misalnya. Secara teknis, kata ini mencakup makna dua kata lain yang dibahas di sini.

Jika kata ini digunakan, misalnya dalam kalimat “His brother was killed in a car accident last year” pengguna kata ini hanya ingin menggunakan makna umumnya saja, bahwa kecelakaan terjadi Karena bermakna umum, kata ini sering dianggap tidak mengungkapkan ’emosi’ apapun. Jadi, jika sobat bercerita tentang kecelakaan yang Anda lsaksikan dan sobat menggunakan kata ini, pendengar tidak bisa membayangkan ‘parahnya’ atau ‘buruknya’ kecelakaan itu. Pun, kata ini tidak menggambarkan peristiwa kecelakaan secara akurat.

  • The accident that claimed two lives today took place at Jalan Gajah Mada. – Kecelakaan yang merenggut 2 nyawa hari ini terjadi di Jalan Gajah Mada.
  • Her brother was killed in a car accident. – Kakaknya tewas dalam kecelakaan mobil itu.

Sekarang ini sedang marak kampanye yang mendorong orang untuk tidak menggunakan kata ini ketika berbicara tentang kecelakaan lalu-lintas di jalan. Alasannya, kata ini menyiratkan tidak ada orang yang bisa dimintai pertanggungjawaban karena kata accident sendiri menyatakan ketidaksengajaan.

CRASH

Crash adalah jenis kecelakaan.

Tetapi, saat ini banyak orang mulai menyarankan dan mengkampanyekan untuk menghindari kata ini, karena kata ini mengisyaratkan tidak seorangpun bisa dimintai pertanggungjawaban atau disalahkan jika terjadi kecelakaan.

Penutur asli American English melihat kata ini sebagai jenis accident. Kata ini dipakai untuk menggambarkan kendaraan yang menabrak atau menumbuk sebuah obyek selain kendaraan lain yang tengah melaju: orang, pohon, tembok, tanah, dan lain-lain. Sepeda yang melaju kencang, dan entah bagaimana tiba-tiba terjungkal dan terhempas ke tanah sehingga pengendara mengalami cedera berat, peristiwa ini disebut crash. Juga pesawat atau helikopter yang jatuh menghantam tanah, dan menewaskan seluruh penumpangnya.

Kata ini membawa ’emosi’ lebih kuat dan makna lebih akurat daripada accident. Maka, lazimnya penutur asli akan menggunakan kata ini untuk menggambarkan kecelakaan yang berat. Mari kita perhatikan contoh-contoh kalimat berikut:

  • The girl was killed in a car crash. – Gadis itu tewas dalam kecelakaan mobil. Sebenarnya, kata accident bisa digunakan, tetapi kata ini tak mempunyai ’emosi’ dan tak akurat.

COLLISION

Yang disebut collision adalah ketika dua atau lebih kendaraan yang sama-sama melaju saling bertumbukan. Jadi, kecelakaan baru bisa disebut dengan istilah ini jika melibatkan kendaraan yang sama-sama melaju, yang entah bagaimana bertabrakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *