About dan On: Tentang

By | April 1, 2016

Kedua kata berikut, about dan on, berfungsi sebagai preposisi atau kata depan. Lepas dari fakta bahwa masing-masing mempunyai makna lain, keduanya bertemu di titik makna yang sama, yakni bahwa baik about maupun on bisa berarti ‘tentang’ dalam bahasa Indonesia.

Kendati keduanya bisa bermakna sama, masing-masing kata membawa nuansa yang sedikit berbeda. Mari kita bahas satu per satu.

ABOUT

Preposisi ini barangkali lebih lazim digunakan dalam bahasa lisan. Bagi penutur asli bahasa Inggris, kata about digunakan untuk hal-hal yang sifatnya umum, bukan sesuatu yang spesifik, mendalam, dan akademis.

Maka, kata about juga membawa nuansa informal. Ketika sobat berjalan pulang sehabis menonton film dengan seorang sahabat, dan membicarakan film yang baru saja Anda berdua tonton, pastilah pembicaraan itu sifatnya umum, ringan, dan menghibur.

Rasanya tidak mungkin sobat akan memberikan analisis mendalam tentang film itu dalam suasana santai seperti ini. Nah, kata about lebih cocok digunakan.

  • We were talking about the movie we just had seen. – Kami membicarakan film yang baru saja kami tonton. On dan of tidak cocok digunakan di sini.

Berikut adalah contoh-contoh kalimat lain dengan about. Preposisi ini digunakan karena hal-hal yang dibicarakan bersifat umum, cenderung ringan dan menghibur, dan bukan sesuatu yang sifatnya spesifik, mendalam, dan akademis.

  • I just bought a book about world’s 25 top tourism destinations. – Saya baru saja membeli sebuah buku tentang 25 tujuan wisata papan atas dunia.
  • I met an old friend in Paris, and we had a nice conversation about our childhood we spent in Dallas. – Saya bertemu seorang teman lama di Paris, dan kami berbincang-bincang tentang masa kecil kami di Dallas.

ON

Preposisi ini bisa digunakan baik dalam ragam tulis maupun lisan. Preposisi on lazim digunakan untuk hal-hal yang sifatnya spesifik, mendalam, dan akademis. Maka, tidak heran jika preposisi ini dijumpai dalam frase-frase seperti: study on, research on, opinion on, analysis on, seminar on. conference on, dan lain-lain.

Ketika sobat baru saja mengikuti kuliah makroekonomi di kampus, materi yang dibicarakan khusus, spesifik, dan akademis, dan konsekuensinya, membawa nuansa formal dan serius.

  • I attended a lecture by Professor Hidayat on macroeconomics this morning. – Saya menghadiri kuliah Prof. Hidayat tentang makroekonomi pagi ini.
  • The book on the history of Java you lent me yesterday is really interesting. – Buku tentang sejarah Jawa yang kamu pinjamkan ke saya itu sungguh menarik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *