Boy, What A Waste of Space

By | August 23, 2018

Dalam novel berjudul Never Let Me Go yang ditulis Kazuo Ishiguro terdapat sebuah kalimat berbunyi demikian,”And I can think of one carer at least who went on for all of fourteen years despite being a complete waste of space” – Dan setidaknya aku bisa mengingat satu juru rawat yang terus bekerja selama 14 tahun penuh lepas dari fakta bahwa ia benar-benar tidak berguna.

Novel tersebut bercerita tentang cinta segitiga, persahabatan, dan kenangan, dan termasuk salah satu novel terlaris yang telah memenangkan Booker Prize di tahun 2005. Novel ini pun telah difilmkan dan dirilis tahun 2010, 5 tahun setelah novelnya diterbitkan.

Tulisan sederhana ini tidak akan membahas novel maupun filmnya, tetapi fokus pada salah satu ungkapan yang ditemukan pada halaman 3 novel tersebut: waste of space. Kamus Urban Dictionary menyebutkan bahwa frasa ini berarti “A person or, occasionally, an object which nobody is fond of. In fact, most people hate this person/thing and find it completley useless” – Seseorang atau kadang-kadang sesuatu yang tidak disukai oleh siapapun. Faktanya, sebagian besar orang membenci orang/barang ini dan menganggapnya benar-benar tidak berguna.

Jelas bahwa ungkapan ini, pendek kata, merujuk pada seseorang atau, kadang-kadang, sesuatu yang dianggap oleh banyak orang sebagai tidak berguna dan tidak mempunyai kontribusi apapun. Ada banyak contoh situasi yang bisa menggambarkan hal ini. Misalnya, ketika yang lain pada sibuk bekerja, ada satu orang yang justru hanya berjalan mondar-mandir  tidak melakukan apa-apa. Orang semacam ini bisa dianggap waste of space. Atau, orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya dalam satu hari untuk tidur bisa juga disebut dengan ungkapan ini.

Frasa ini hanya digunakan dalam situasi tidak formal, terutama dalam percakapan. Berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan frasa waste of space:

  • He is a complete waste of space. He is just sitting around, doing nothing but watching the rest of us working. – Dia benar-benar tidak berguna. Dia hanya duduk-duduk, tidak melakukan apa-apa kecuali menonton kami bekerja.
  • The desktop computer doesn’t work. It’s a total waste of space. – Komputernya mati. Benar-benar tidak berguna.
  • What are you going to do with this old car, man. It’s just a waste of space. – Apa yang akan kamu lakukan dengan mobil tua ini, kawan. Ia tidak berguna.
Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *