6 Ajektiva Untuk Mendeskripsikan Makanan Lezat

By | January 6, 2022

Sobat pembaca setia, kali ini topik yang dibahas adalah enam kata sifat dalam bahasa Inggris yang lazim digunakan untuk mendeskripsikan aroma makanan lezat. Jadi, keenam kata berikut ini berkonotasi positif  dan membangkitkan selera.

BUTTERY

Sobat pasti bisa langsung mengerti apa artinya. Ya, benar, ajektiva ini berasal dari kata butter yang berarti mentega. Beberapa makanan yang diolah menggunakan mentega pasti akan beraroma buttery. Misalnya, popcorn, udang, atau ayam yang direndam dalam mentega terlebih dulu sebelum diolah menjadi makanan siap santap.

  • The smells of buttery fried chicken gently penetrated my nose as soon as I entered the kitchen. – Aroma ayam goreng mentega dengan lembut memasuki lobang hidungku segera setelah aku memasuki dapur.

ENTICING

Ajektiva ini berarti menarik atau mengundang. Sebenarnya kata sifat ini tidak hanya digunakan untuk mendeskripsikan makanan lezat saja, tetapi juga nomina-nomina lain. Khusus terkait makanan lezat, ajektiva ini dipakai untuk menggambarkan aroma yang mengundang, tetapi sobat tidak bisa secara spesifik mengenali aroma ini berasal dari makanan apa. Yang jelas, aromanya mengundang dan menggoda selera makan.

  • That smell of my wife’s cooking drew me to the kitchen. It was so enticing. – Aroma masakan istriku menarikku ke dapur. Baunya sangat mengundang.

GARLICKY

Garlic berarti bawang putih. Ajektiva garlicky dipakai untuk mendeskripsikan aroma bawang putih yang ada pada makanan.

  • I know where this garlicky smell comes from. She must be making garlic bread right now. – Saya tahu dari mana aroma bawang putih ini berasal. Dia pasti sedang memasak roti bawang putih.

GREEN

Barangkali sobat merasa janggal dan bertanya-tanya ajektiva ini digunakan untuk menggambarkan aroma makanan. Ya memang, kata ini secara khusus digunakan untuk mendeskripsikan aroma sayur-sayuran atau herbal segar dan khas.

  • These peppermint leaves smell so green. – Daun-daun mint ini beraroma begitu segar.

SAVORY

Kata ini biasa digunakan untuk mendeskripsikan aroma makanan yang cenderung banyak mengandung bumbu dan garam, bukan makanan yang manis. Baragkali ajektiva ini lebih pas diartikan gurih.

  • I have lived in Thailand for years, so I’m used to savory smells of foods around me. – Saya sudah tinggal di Thailand bertahun-tahun, jadi saya terbiasa dengan aroma gurih (banyak mengandung bumbu dan garam) makanan di sekitar saya.

SMOKY

Seperti yang sudah sobat duga, ajektiva ini biasa digunakan untuk menggambarkan makanan yang beraroma seperti asap, tetapi bukan dalam arti buruk. Aroma makanan yang diawetkan dengan cara pengasapan, misalnya, bisa digambarkan dengan ajektiva ini.

  • As I unwrapped the bacon, the smoky smell filled the room. – Saat saya membuka (bungkusan) bacon itu, aroma asap memenuhi ruang.
Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *