15 Contoh Kalimat Dalam Present Perfect Continuous Tense

By | February 22, 2018

Sobat pembaca setia, kali ini ditampilkan 15 contoh kalimat dalam present perfect continuous tense. Sobat bisa membaca ulang topik tentang tense ini dengan mengikuti link ini. Secara ringkas, tense ini dipakai untuk mendeskripsikan peristiwa, kegiatan, atau tindakan yang dimulai di saat tertentu di waktu lampau dan terus berlangsung hingga sekarang. Tense ini menekankan durasi dari peristiwa, kegiatan, atau tindakan tersebut. Maka, biasanya kalimat dalam present perfect continuous tense sering menggunakan kata for (selama) atau since (sejak).

  • The Smiths have been running the paper cup business for years. – Keluarga Smith sudah menjalankan bisnis cangkir kertas selama bertahun-tahun. Dalam benak pembicara maupun pendengar tergambar semacam garis waktu yang memanjang dari suatu titik tertentu di waktu lampau sampai titik waktu sekarang ini. Dan memang seperti itulah fungsi tense ini. Perhatikan bahwa kalimat ini menggunakan have bukan has, karena subyek kalimat jamak.
  • Maria and her family have been residing in Ireland for two years. – Maria dan keluarganya sudah tinggal di Irladia selama 2 tahun. Dalam benak si pembicara dan pendengar tergambar garis waktu dari 2 tahun lalu sampai hari ini.
  • John has been working as a bladesmith for over ten years. – John sudah bekerja sebagai pembuat bilah selama lebih dari 10 tahun. Sama seperti kalimat di atas, dalam benak pembicara dan pendengar tergambar garis waktu dari 10 tahun lalu sampai hari ini. Kalimat ini menggunakan has bukan have karena subyek kalimatnya tunggal.
  • I have been reading Dan Brown’s Origin for two weeks now. – Saya sudah membaca Origin karangan Dan Brown selama dua minggu sekarang (dan sekarang saya masih membaca buku itu).
  • We have been walking for hours. Let’s stop and get some rest. – Kita sudah berjalan berjam-jam (sampai saat ini). Mari kita berhenti dan istirahat.
  • The Search and Rescue team have been searching the forest border areas for two days. – Tim SAR sudah menyisir area di perbatasan hutan selama dua hari. Ini berarti proses penyisiran dimulai 2 hari lalu, dan berlangsung sampai saat ini.
  • The police have been investigating the train attacks that occured last week. – Polisi sudah menyelidiki serangan di kereta yang terjadi minggu lalu. Kalimat ini memang tidak menjelaskan durasi kejadiannya, tetapi pembicara dan pendengar pasti membayangkan proses penyelidikan dimulai di waktu lampau dan terus berlangsung hingga saat ini.
  • Jennie has been living at the farm with her grandmother for a year. – Jennie tinggal di perkebunan bersama neneknya setahun ini. Sobat bisa membayangkan garis waktu yang dimulai satu tahun lalu hingga saat ini.
  • Cempaka has been preparing herself for the National Spelling Bee for the past 8 months. – Cempaka telah mempersiapkan diri untuk lomba Spelling Bee tingkat nasional selama 8 bulan terakhir (dan sekarang masih berlansung).
  • For the past 3 months, the students have been studying for the university admission test, even harder than before. – Selama 3 bulan terakhir, murid-murid telah belajar  untuk (mempersiapkan) tes masuk perguruan tinggi, bahkan lebih keras dari sebelumnya.
  • Johan has been talking with his mother on the phone for 2 hours. – Johan sudah berbincang-bincang dengan ibunya di telepon selama 2 jam.
  • Dwita has been working on the problem for a long time but has not been able to solve it yet. – Dwita sudah lama berusaha memecahkan persoalan itu tetapi belum mampu menyelesaikannya.
  • The pop star has been writing her autobiography since 2000. – Bintang pop itu telah menulis autobiografinya sendiri sejak tahun 2000 (dan sekarang masih berlangsung).
  • I have been praying for a long time for a miracle. – Saya sudah berdoa lama sekali memohon mujizat. Membaca kalimat ini, sobat pasti membayangkan proses berdoa dimulai di waktu lampau dan sampai sekarang masih berlangsung.
  • She has been struggling with her weight and eating disorders for the past 6 months. – Dia berjuang melawan berat badan dan kelainan kebiasaan makan selama 6 bulan terakhir.

Semoga bermanfaat.

 

5 thoughts on “15 Contoh Kalimat Dalam Present Perfect Continuous Tense

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *