10 Verba Gerakan Tangan

By | March 22, 2022

Mengelompokkan kata dengan kategori tertentu adalah strategi yang bagus untuk mengembangkan kosa-kata dan membantu kita untuk mengingat kata-kata tersebut. Kali ini kita membahas sekelompok verba terkait tangan: 15 verba yang lazim digunakan untuk menggambarkan gerakan tangan. Mari kita bahas satu per satu.

FIDDLE

Verba ini mempunyai beberapa makna, salah satunya adalah memain-mainkan atau menyentuh-nyentuh sesuatu, misalnya rambut, telinga, cangkir, atau sesuatu yang lain tanpa alasan yang jelas. Bisa karena gugup, kurang konsentrasi, atau bosan.

  • Pam fiddled with her hair while listening to the lecture. – Pam bermain-main dengan rambutnya sembari mendengarkan kuliah.

PAT

Verba ini berarti menepuk-nepuk pelan dan lembut dengan telapak tangan dalam posisi terbuka, seperti ketika sobat menepuk-nepuk pelan dan lembut kepala anak Anda supaya segera tidur.

  • Cindy patted her baby on the head as if lullabying him. – Cindy menepuk-nepuk kepala bayinya dengan lembut seolah-olah menidurkannya.

PUNCH

Kata ini berarti meninju, memukul dengan tangan terkepal. Bisa dalam konteks serius, artinya benar-benar meninju seperti ketika memukul orang karena emosi. Tetapi juga dalam konteks bercanda, ketika sobat tidak sungguh-sungguh meninju.

  • Jimmy punched me on my upper arm really hard. I got a bruise the next day. – Jimmy meninjuku di lenganku bagian atas keras sekali. Lenganku memar keesokan harinya.

SCRUNCH

Verba ini berarti meremas-meremas kertas atau kain sampai berbentuk seperti bola. Jadi, kata ini berkonotasi membuat sesuatu menjadi lebih ‘padat’.

  • I scrunched the paper into a ball. – Saya remas-remas kertas itu menjadi bola.

SLAP

Kata ini sering diartikan memukul dengan menggunakan telapak tangan terbuka. Dalam bahasa Indonesia sering diartikan menampar atau menabok. Lazimnya orang melakukan ini karena marah.

  • Melissa got mad and she slapped me on my right cheek. – Melissa marah sekali dan ia menampar pipi kananku.

SNAP

Verba ini sering diartikan menjentikkan jari. Sobat biasa melakukan ini dengan menekan jari telunjuk atau jari tengah dengan ibu jari, dan kemudian melepaskannya, seperti yang dilakukan Thanos untuk menghancurkan alam semesta :). Kata ini juga bisa berfungsi sebagai nomina atau kata benda. Makanya ada istilah Thanos snap.

  • If Thanos snapped his fingers, the whole universe would collapse. – Jika Thanos menjentikkan jarinya, seluruh alam semesta akan runtuh.

SNATCH

Kata ini digunakan untuk menggambarkan situasi ketika sobat mengambil sesuatu dengan cepat dan dengan cara yang kasar. Misalnya, penjambret yang mengambil kalung emas sobat dengan paksa, cepat, dan kasar ketika sobat sedang mengendarai sepeda motor.

  • It happened so fast. The man approached me and suddenly snatched my gold necklace. – Itu terjadi sangat cepat. Laki-laki itu menghampiri saya dan tiba-tiba merampas kalung emas saya.

SQUEEZE

Verba ini juga berarti memeras atau meremas. Tetapi tidak sama dengan scrunch. Ada dua konteks setidaknya. Pertama, sobat bisa menggunakan verba ini untuk menggambarkan situasi ketika Anda dengan tangan/jari Anda meremas sesuatu yang relatif lembut/empuk dan mudah diremas, misalnya bola plastik atau pasta gigi, seolah-olah dari dua sisi yang berlawanan. Kedua, sobat menggunakan verba ini ketika Anda memeras/meremas sesuatu hingga keluar cairan, misalnya jeruk.

  • I squeezed the toothpaste tube so that the toothpaste came out. – Saya memeras wadah pasta gigi supaya pasta giginya keluar.

TICKLE

Kata tickle berarti menggelitik seseorang hingga orang tersebut merasa geli.

  • I like to tickle my little daughter to make her laugh. – Saya suka menggelitik anak perempuan saya untuk membuatnya tertawa.

WAVE

Pasti sobat sudah sangat akrab dengan kata ini. Sebagai nomina, kata ini berarti gelombang. Sebagai verba kata ini berarti melambaikan tangan. Sobat melambaikan tangan dengan tangan dalam posisi terbuka (telapak tangan sobat kelihatan). Anda melakukan ini sebagai ganti mengatakan hi, hello, atau bye. Anda melambaikan juga dengan maksud menarik perhatian orang.

  • Sue rode her bike past my house and waved her hand at me. – Sue mengendarai sepedanya melewati rumah saya dan melambaikan tangannya ke saya.

 

 

Author: Noeg

English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

15 + 5 =