Wood, Timber, Log, Lumber: Apa Sih Bedanya?

By | December 5, 2015

WOOD

Kata wood mengacu pada kayu sebagai materi/bahan keras yang berasal dari pohon. Kata ini sering dipakai untuk menyebut materi pembentuk suatu produk seperti meja, kursi, lantai, pintu, jendela, dan lain sebagainya. Wood bisa berbentuk timber, log, atau lumber. Coba perhatikan kalimat berikut:

  • That table and chair are made of wood. – Meja dan kursi itu terbuat dari kayu. Kata wood digunakan di sini untuk mengatakan wood sebagai bahan atau materi untuk membentuk atau membuat sesuatu.

TIMBER

Timber adalah kata dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk merujuk pada kayu gelondongan, yakni kayu gelondongan yang berasal dari pohon yang ditebang. Selain itu, timber juga merujuk pada kayu yang masih berdiri sebagai pohon. Mudahnya begini:

Sobat bayangkan berdiri di tengah hutan dikelilingi pohon-pohon tinggi yang berdiri tegak. Yang sobat saksikan berada disekeliling sobat adalah pohon, dalam arti makhluk hidup dengan batang, dahan, cabang, akar, dan daun. Keseluruhan itu disebut pohon. Kayu sebagai materi pembentuk pohon itulah timber. Nah, ketika pohon-pohon itu ditebang dan dipotong menjadi kayu gelondongan, kayu gelondongan itu juga disebut timber, baik yang kulitnya masih menempel maupun yang kulitnya sudah dihilangkan. Kadang-kadang orang juga menyebut kayu gelondongan itu lumber. Berikut adalah gambar timber.

LUMBER

Lumber adalah kayu yang telah dipotong-potong dan dihaluskan dan siap dipasarkan atau dijual. Lumber bisa berupa papan kayu (plank), lembaran kayu, atau potongan kayu panjang persegi berbagai ukuran. Lumber biasa ditemukan di toko-toko kayu dan bahan bangunan. Lumber diolah dari timber, meskipun kadang-kadang orang menggunakan kata lumber sebagai sinonim dari timber. Perhatikan gambar lumber berikut:

CATATAN: Gambar kayu seperti dalam gambar di atas ternyata juga sering disebut timber. Nah, sobat pembaca, ternyata lumber sering dianggap sinonim dari timber, dan bisa menggantikan timber.

LOG

Untuk mendeskripsikan log, coba sobat pembaca membayangkan kayu gelondongan, yang kemudian digergaji atau dipotong menjadi bongkahan-bongkahan kayu. Bongkahan kayu itulah yang disebut log.  Bongkahan kayu tersebut kadang-kadang dipotong (di ‘chop’) lagi untuk dijadikan kayu bakar. Berikut adalah contoh gambar log:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *