Use vs Wear: Ini Dia Bedanya!

By | March 22, 2018

Dua verba yang kita bahas kali ini – use dan wear – sebenarnya memang dua kata yang berbeda dalam hal makna dan penggunaanya. Tetapi, entah kenapa, banyak pembelajar bahasa Inggris sering merancukan kedua kata tersebut, dan mengira keduanya bisa dipertukarkan. Barangkali karena keduanya – dalam konteks tertentu – bisa diartikan memakai. Padahal, dua verba ini benar-benar berbeda, dan tidak ada kaitannya.

USE

Kata ini lebih tepat diartikan ‘menggunakan’. Kata ini lazim digunakan ketika sobat menggunakan sesuatu untuk mengerjakan atau mencapai sesuatu. Collins Dictionary menyebutkan demikian: “If you use something, you do something with it in order to do a job or to achieve a particular result or effect” – Jika Anda menggunakan sesuatu, Anda melakukan sesuatu dengan sesuatu itu dengan tujuan melakukan suatu pekerjaan atau mencapai sesuatu.

Dengan kata lain, sobat silakan gunakan kata ini jika sobat memakai alat tertentu untuk mengerjakan sesuatu. Tujuan memakai alat itu bisa secara eksplisit dinyatakan dalam kalimat, bisa juga implisit, dan sobat memahaminya dari konteks.

  • Use your imagination, and you will create great images. – Gunakan imajinasimu, dan kamu akan menciptakan gambar-gambar yang luar biasa. Wear your imagination … (X)
  • Sculptors use not only hammer and chisel to create their work but also a banker and a grinder. – Pemahat menggunakan tak hanya palu dan pahat untuk menciptakan karya mereka tetapi juga bangku kerja dan gerinda. Sculptors wear not only hammer and chisel … (X)
  • You can use my phone if you want. – Kamu bisa gunakan telponku kalau kamu mau. Dalam kalimat ini tujuan menggunakan telpon memang tidak tertulis secara eksplisit. tetapi sobat pasti tahu tujuannya. You can wear my phone (X)

WEAR

Kata ini tidak pernah diartikan menggunakan. Lazimnya, yang dimaksud wear adalah mengenakan pakaian, sepatu, perhiasan, parfum, dan barang-barang lain yang bisa dikenakan pada tubuh atau bagian tubuh, meskipun kata ini juga bisa digunakan untuk mengungkapkan ekspresi tertentu. Coba perhatikan contoh-contoh kalimat berikut:

  • In my country, people never wear shoes in the house, but take them off at the door. – Di negara saya, orang tidak pernah memakai sepatu di dalam rumah, tetapi melepasnya di pintu. People never use shoes in the house … (X)
  • She looks gorgeous when she wears glasses. – Dia tampak sangat cantik saat memakai kaca mata. … when she uses glasses (X)
  • She wears my ring. – Dia memakai cincinku.
  • She wore a satisfied expression on her face. – Dia menunjukkan ekspresi kepuasan di wajahnya.

Semoga membantu

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *