USA vs US vs America vs the Americas

By | March 28, 2017

Salam jumpa lagi sobat pembaca. Sebelumnya sudah dibahas soal Kerajaan Inggris dalam kaitannya dengan tiga istilah menyangkut negara itu, yakni United Kingdom, Great Britain, dan England. Kali ini kita akan membahas Amerika Serikat. Ada tiga istilah yang cukup membingungkan bagi sementara pembelajar bahasa Inggris, yakni USA, America, dan the Americas. 

USA/US

USA adalah akronim dari United States of America atau Amerika Serikat, yang dalam bahasa Indonesia – terutama dalam percakapan sehari-hari – sering disebut Amerika saja. Kadang-kadang disingkat US (United States), atau States saja. Amerika Serikat adalah negara besar yang terletak di Amerika Utara, bersama-sama dengan Canada, Cuba, Costa Rica, Nicaragua, dan lain-lain.

Akronim ini khusus digunakan untuk menyebut Amerika sebagai negara. Jadi, kalau sobat ingin mengatakan sobat tinggal di Amerika dalam pengertian negara, sobat mesti menggunakan akronim ini.

  • I have been living in the United States/US for two years. – Saya sudah 2 tahun tinggal di Amerika (Serikat).
  • A number of immigrants have been deported from the US. – Sejumlah besar imigran telah dideportasi dari Amerika (Serikat).

Sebagai catatan, akronim US – BUKAN USA – sering digunakan dalam fungsi ajektiva: US citizens, US government, US map, US population, US election, US president. Pertanyaannya, apakah salah menyebut Amerika Serikat dengan America? Baca penjelasan berikut ini:

AMERICA

Kata ini awalnya digunakan untuk menyebut Benua Amerika secara keseluruhan/kolektif, yang terdiri dari Amerika Utara (North America) dan Amerika Selatan (South America) sebagai kesatuan, dan BUKAN merujuk pada negara Amerika.

Tetapi, perlu disebutkan di sini, orang-orang Amerika Serikat sendiri secara natural menyebut negara mereka America, dan menyebut diri mereka Americans. Demikian juga negara-negara berbahasa Inggris lain menyebut Amerika Serikat sebagai America. Mereka mengatakan bahwa itu sah-sah saja dan itu hal biasa.

Meskipun  demikian, penggunaan kata itu untuk menyebut Amerika Serikat bukanlah hal ideal, dan penggunaan kata itu pun sering menuai protes dari orang-orang dari negara-negara lain yang juga terletak di Benua Amerika.

Maka, disarankan agar sobat menggunakan akronim USA atau US untuk menyebut negara Amerika ketika sobat sedang berbicara dengan orang-orang dari negara-negara yang ada di Benua Amerika selain Amerika Serikat supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Selain itu, akronim ini bisa diterima semua pihak, lebih masuk akal, dan tidak menimbulkan makna ganda. Tetapi, kalau sobat sedang berbicara dengan orang-orang dari Amerika Serikat silakan saja menggunakan kata America untuk menyebut Amerika Serikat.

THE AMERICAS

Ini adalah sebutan yang dipakai untuk menyebut wilayah-wilayah yang terletak di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan sebagai keseluruhan, termasuk pulau-pulau yang ada di dalamnya. Bentuk jamak (plural) menunjukkan bahwa frasa ini lebih merujuk pada wilayah-wilayah atau daerah-daerah yang terletak di Benua Amerika secara keseluruhan, sementara kata America lebih lazim dipakai untuk menyebut benuanya. Berikut adalah peta wilayah yang disebut the Americas:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *