The Potus and the Flotus

By | July 9, 2018

Kalau sobat coba ketikkan di mesin pencari twitter “Donald Trump” sobat akan menemukan akun resmi Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Dalam akun tersebut tertulis President Trump @Potus. Sobat barangkali bertanya-tanya, apa maksud kata potus. 

Menurut Merriam-Webster, POTUS termasuk dalam kategori akronim. Kata ini diucapkan /ˈpəʊtəs/. Apa itu akronim? Yang disebut akronim adalah sebuah singkatan yang terbentuk dari huruf pertama beberapa kata dan diucapkan sebagai sebuah kata. Potus adalah akronim dari President of the United States, alias Presiden Amerika Serikat. Akronim ini diketahui pertama kali digunakan pada 1895. Sudah lama, bukan? Lebih dari seratus tahun, gaes.

Akronim awal yang digunakan waktu itu (sekitar tahun 1870 an) adalah POT. Akronim tersebut kemudian dengan cepat berubah menjadi POTUS, karena sebelumnya sudah muncul akronim -OTUS, kependekan dari of the United States. Akronim ini sendiri sudah digunakan sejak akhir abad 19, dan pasti lebih dulu muncul ketimbang POTUS.

Nah, pertanyaannya, kenapa orang menggunakan akronim? Seperti halnya akronim lain yang sejenis, akronim POTUS muncul ketika orang mulai menggunakan telegraf, yakni mesin atau alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan kode morse. Kala itu, orang harus menghemat biaya jika hendak mengirim pesan melalui telegraf. Karena itulah mereka membuat akronim, supaya hemat. Semakin pendek pesan semakin murah biayanya.

Akronim POTUS tercantum dalam daftar kode telegrafik yang dimuat dalam sebuah buku berjudul The Phillips Code yang pertama kali terbit tahun 1879. Tetapi akronim tersebut baru dimasukkan dalam buku tersebut secara resmi pada tahun 1925. Nah, pada masa pemerintahan Presiden Carter, akronim ini secara resmi diadopsi dan bahkan digunakan oleh Agen Rahasia Amerika Serikat.

Nah, bagaimana dengan FLOTUS? Sobat pasti bisa menduganya. Ya, benar. Akronim ini adalah kependekan dari First Lady othe United States. Kata ini diucapkan /ˈfləʊtəs/. Tetapi, FLOTUS baru digunakan pada sekitar tahun 1980. Jadi, jauh lebih baru daripada POTUS.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *