Tell vs Ask: Kenali Bedanya!

By | March 14, 2018

Sobat pembaca, topik kita kali ini adalah dua verba yang dalam situasi tertentu sama-sama bisa diartikan meminta atau menyuruh seseorang melakukan sesuatu. Kita sering tidak menyadari bahwa masing-masing verba mempunyai nuansa maknanya sendiri, dan menganggap keduanya bisa dipertukarkan. Tell bermakna memberi perintah, instruksi sedangkan ask bermakna meminta atau request. Sobat boleh dan sah-sah saja beranggapan bahwa ask lebih halus dan sopan.

Memang benar, ada situasi tertentu ketika hanya salah satu saja yang cocok dipakai, dan ada situasi tertentu yang sesuai atau cocok untuk keduanya. Sekarang, mari kita bahas masing-masing kata.

TELL

Verba ini termasuk dalam kategori verba tak beraturan (irreguler verb). Bentuk past dan past participlenya adalah told. Verba ini tentu bisa berarti bercerita dalam bahasa Indonesia. Tetapi, yang kita bicarakan kali ini adalah tell dalam pengertian menyuruh atau meminta orang lain untuk melakukan sesuatu.

Dalam pengertian ini, kata tell mengandung konotasi instruksi atau perintah. Kamus online Collins Dictionary menyebutkan demikian: If you tell someone to do something, you order or advise them to do it. Jelas bahwa verba ini dipakai kalau sobat memerintahkan atau menasihati seseorang untuk melakukan sesuatu. Dan itu berarti sobat menempatkan diri sebagai orang yang mempunyai hak atau otoritas untuk melakukan itu.

Tentu dalam situasi tertentu, sobat bisa melakukan itu, dan harus melakukan itu, supaya betul-betul jelas bahwa sobat memberikan perintah, BUKAN mengajukan permintaan. Jika sobat seorang direktur perusahaan, dan memberikan perintah kepada seorang sekretaris untuk mencetak beberapa email yang ditujukan kepada Anda, verba tell lebih sesuai. Atau jika sobat seorang seorang guru yang menyuruh murid-muridnya untuk berhenti membuat kegaduhan, tentu kata ini lebih tepat. Dalam situasi-siatuasi seperti itu, kata ini lebih terasa tegas, apalagi jika menyangkut hal-hal yang sangat penting dan tidak boleh dilalaikan.

  • I already told you to print out the emails addressed to me. How could you forget that? – Saya sudah menyuruhmu untuk mencetak semua email yang ditujukan kepada saya. Bagaimana kamu bisa lupa?
  • The teacher told the students to stop making noises. – Sang guru menyuruh murid-muridnya untuk berhenti membuat kegaduhan.

ASK

Verba ini termasuk dalam kategori verba beraturan, bentuk past dan past participlenya asked. Kata ini bisa berarti bertanya dalam bahasa Indonesia. Tetapi, selain itu, kata ini juga bisa berarti meminta. Kata ini digunakan ketika sobat mengajukan permintaan (request) kepada orang lain untuk melakukan sesuatu. Sebagaimana disebutkan di atas, sobat bisa saja menyebut kata ini lebih sopan dan halus daripada tell.

Sobat silakan gunakan kata ini jika sobat bermaksud mengajukan permintaan, BUKAN memerintah. Baik jika sobat gunakan kata ini ketika sobat tidak dalam posisi sebagai orang yang punya otoritas untuk memerintah.

  • I asked my brother to show me how to take pictures with a DSLR camera. – Saya meminta adik saya untuk menunjukkan bagaimana cara memotret dengan kamera DSLR.
  • I asked my sister to call me back later. – Saya meminta adik perempuan saya untuk menelpon lagi nanti.

Semoga membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *