Table vs Desk: Ketahui Bedanya!

By | January 16, 2018

Sobat pembaca setia englishforsma.com kali ini kita akan membahas dua nomina dalam bahasa Inggris yang bagi sementara pembelajar bahasa Inggris membingungkan: table dan desk.  Kedua kata tersebut sama-sama merujuk pada suatu jenis furnitur yang mempunyai permukaan datar atau rata dan disangga oleh penyokong berupa kaki atau bentuk lain, dan sering kali diartikan meja dalam bahasa Indonesia. Lalu, apa bedanya? Mari kita bahas satu per satu.

TABLE

Nomina ini berarti meja. Meja termasuk barang furnitur dengan bagian atas berupa permukaan datar dengan beberapa kaki penyokong, tergantung bentuk permukaan meja. Meja bisa saja terbuat dari kayu atau bahan lain. Dalam bahasa Inggris yang dimaksud dengan table adalah meja yang digunakan untuk tujuan-tujuan umum seperti makan, menulis, meletakkan barang atau buku, main kartu, dan lain-lain. Meja TIDAK SECARA KHUSUS dibuat untuk melakukan pekerjaan kantor atau belajar.

Lazimnya, meja yang disebut table bisa digunakan oleh siapapun, BUKAN satu atau dua orang tertentu saja. Meja lazimnya tidak mempunyai laci untuk menyimpan barang, meskipun meja-meja tertentu dilengkapi dengan laci (misalnya, meja dapur, meja rias). Berikut adalah beberapa frasa menggunakan kata table: dinner table, coffee table, table tennis, ping pong table, kitchen table, tea table, billiard table, conference table, toilet table, makeup table, dan lain-lain. Sobat bisa memperhatikan dalam frasa-frasa tersebut bahwa yang dimaksud table bukanlah meja yang dipakai untuk pekerjaan kantor atau belajar.

Berikut adalah gambar table.

 

DESK

Nomina ini juga berarti meja. Tetapi, secara khusus yang dimaksud desk dalam bahasa Inggris adalah meja yang dipakai untuk melakukan pekerjaan kantor atau profesi tertentu yang sifatnya spesifik. Bisa juga digunakan untuk merujuk pada meja belajar. Mudahnya, yang dimaksud desk adalah meja kerja atau meja belajar.

Oleh karena itu, meja jenis ini lazimnya dipakai oleh satu atau dua orang tertentu saja yang ditugasi untuk mengerjakan sesuatu, dan dengan demikian lebih bersifat perorangan. Meja kerja di sebuah kantor tertentu hanya dipakai oleh orang yang memang melakukan pekerjaan kantor dengan meja itu. Meja yang disebut desk lazimnya dilengkapi dengan laci untuk menyimpan sesuatu.

Berikut adalah beberapa frasa menggunakan kata desk: reception desk, information desk (meja informasi), reservation desk (meja untuk melakukan reservasi), check-in desk, news desk, editor’s desk, front desk (meja utama di hotel atau motel untuk check-in atau check-out, bisa juga disebut reception desk).

Kalau sobat perhatikan, kata desk dalam frasa-frasa di atas digunakan untuk merujuk pada meja untuk pekerjaan kantor atau profesi tertentu, dan bukan untuk hal-hal yang sifatnya umum. Berikut adalah gambar desk:

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *