Suggestion vs Opinion: Sama atau Beda?

By | August 17, 2016

Dua kata yang kita bahas kali ini, sobat pembaca, sebenarnyalah memang berbeda makna. Tetapi, entah kenapa, banyak orang menemui kesulitan membedakan keduanya. Dalam bahasa Indonesia masing-masing mempunyai arti sendiri. Suggestion diartikan saran, sementara opinion diartikan opini atau pendapat.

Persamaannya adalah bahwa keduanya sama-sama merupakan idea atau gagasan. Keduanya adalah ide yang keluar dari pikiran kita, dan terungkap lewat kata-kata yang kita ucapkan. Lalu, apa perbedaannya?

SUGGESTION

Kata ini berarti saran. Kamus http://www.merriam-webster.com/dictionary/suggestion menyebutkan bahwa suggestion adalah ide mengenai apa yang orang seharusnya atau tidak seharusnya lakukan dan bagaimana orang mestinya berperilaku. Artinya, ide itu akan dipertimbangkan oleh penerima saran sebelum dia membuat keputusan apa yang akan dilakukan. Kalau ia kemudian memutuskan melakukan apa yang disarankan atau berperilaku sesuai saran itu, itu berarti saran diterima. Sebaliknya, saran ditolak.

Jadi, yang disebut suggestion bisa mempengaruhi tindakan atau perilaku penerima saran. Ketika sobat mengatakan,”What about going to the zoo?” atau “Why don’t we sit down and talk?” sobat sedang memberi saran. Kalimat-kalimat tersebut mengisyaratkan sobat tengah memberikan gagasan untuk dipertimbangkan.

Kalau penerima saran menerima saran yang sobat berikan, ia akan pergi ke kebun binatang, dan kalau ia tidak menerima, ia tidak akan pergi ke sana. Kalau ia menerima saran kedua, ia akan duduk dan bicara. Sebaliknya, ia tidak akan melakukan itu. Itulah gagasan yang disebut suggestion.

OPINION

Kata ini berarti opini atau pendapat. Sama seperti suggestion, opinion juga sebuah bentuk idea. Beberapa kamus online menyebutkan bahwa opinion adalah ide yang menunjukkan apa yang kita yakini atau pikirkan tentang sesuatu atau seseorang, yang seringkali mengungkapkan penilaian kita tentang sesuatu atau seseorang itu.

Opinion seseorang terhadap sesuatu tidak akan secara langsung mempengaruhi tindakan atau perilaku orang, tetapi akan mempengaruhi pikiran atau keyakinan orang lain tentang sesuatu, yang kemudian mungkin  akan mempengaruhi tindakan.

Kalau sobat mengatakan,”I think summer is the best season” atau “In my opinion, English is easy to learn” sobat sedang mengungkapkan pendapat sobat tentang summer dan English. Di situ tampak apa yang sobat pikirkan dan yakini tentang dua hal itu, sekaligus penilaian sobat atas keduanya. Artinya, sobat meyakini dan memberikan penilaian bahwa musim panas itu musim terbaik dan bahwa Bahasa Inggris itu mudah dipelajari.

Ketika sobat mengatakan dua pernyataan di atas, sobat tidak sedang memberikan ide atau gagasan untuk dipertimbangkan. Sama sekali tidak. Sobat sedang memberikan penilaian, dan sobat sedang mengungkapkan apa yang sobat yakini. Itulah ide atau gagasan yang disebut opinion.

2 thoughts on “Suggestion vs Opinion: Sama atau Beda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *