Sometime vs Sometimes vs Some Time: Apa Sih Bedanya?

By | May 20, 2017

Senang jumpa lagi dengan sobat pembaca semua. Kali ini ada topik menarik. Ada tiga kata atau frasa yang amat mirip dan oleh karena itu membingungkan: sometime, sometimes, dan some time. Beda ya? Tentu berbeda. Lantas, apa bedanya? Mari kita bahas satu per satu.

SOMETIME

Kata ini termasuk dalam kategori adverbia. Kamus online Cambridge Dictionary mendefinisikan kata ini sebagai “at  at a time in the future or the past that is not known or not stated” – pada suatu waktu di masa depan atau masa lalu yang tidak diketahui atau tidak disebutkan secara spesifik. Secara sederhana, kata ini berarti suatu saat nanti atau suatu kali (yang lalu). Makna ini mirip dengan kata someday. Perhatikan bagaimana kata ini dipakai dalam kalimat.

  • I think we should meet sometime soon to discuss the details of our plan. – Saya kira kita harus bertemu segera suatu saat nanti untuk mendiskusikan detil rencana kita.
  • I called her sometime in June 2016. – Saya menelponnya suatu kali di bulan Juni 2016.

SOMETIMES

Kamus online Cambridge Dictionary mendefinisikan kata ini sebagai ‘on some occasions but not always or often”. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan ‘kadang-kadang’. Sobat perhatikan bahwa dengan kata sebelumnya, kata ini hanya dibedakan oleh huruf s. Tapi, satu huruf ini saja sudah mengubah arti.

  • Sometimes I wonder how she feels about me. – Kadang-kadang aku bertanya-tanya bagaimana perasaan dia terhadapku.
  • You do weird things sometimes. – Kamu kadang-kadang melakukan hal-hal aneh.

SOME TIME

Nah, frasa ini beda lagi artinya. Sobat lihat bahwa frasa ini terdiri dari dua kata. Frasa ini berarti ‘a span of time’ atau ‘a period of time’ – rentang waktu. Meskipun frasa ini menggunakan kata some, frasa ini seringkali menunjukkan rentang waktu yang panjang atau lama, bukan sebentar atau pendek. Frasa ini semakna dengan a long time.

  • I know it will take some time to finish the project. – Saya tahu ini akan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan proyek itu.
  • I have known Rita for some time. – Saya sudah lama mengenal Rita.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *