Somehow or Anyhow?

By | December 2, 2017

Sudah agak lama nih tak menyapa sobat pembaca setia englishforsma.com. Nah, kita akan bahas satu topik menarik, yakni somehow dan anyhow. Apa sih sebenarnya bedanya? Mari kita bahas masing-masing kata.

SOMEHOW

Kamus online Cambridge Dictionary menyebutkan bahwa kata ini bisa berarti “in a way or by some means that is not known or not stated” – dengan cara yang tidak diketahui atau tidak disebutkan. Kata ini, menurut kamus yang sama, juga berarti “for a reason that is not clear” – dengan alasan yang tidak jelas. Jadi, kata ini mengisyaratkan ketidakjelasan dalam hal cara atau alasan. Dalam bahasa Indonesia kata ini kira-kira berarti “entah bagaimana”. Sobat pasti sering menggunakan frasa “entah bagaimana” ini dalam percakapan sehari-hari.

Misalnya, ketika sobat melompati sebuah parit lebar akibat dikejar anjing – sesuatu yang dalam kondisi normal tidak mungkin sobat mampu lakukan – sobat hampir pasti akan menggunakan ungkapan ini. “Entah bagaimana saya mampu melompati parit lebar itu – Somehow I managed to jump over the ditch.”

Ketika sobat hendak menggalang dana untuk suatu kegiatan tertentu, sobat bisa saja mengatakan,”Entah bagaimana, kita akan mengumpulkan banyak uang – somehow we”ll raise the money we need.” Berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan kata ini:

  • It will take a little while but we will finish the project somewhow. – Memang akan membutuhkan waktu, tetapi entah bagaimana caranya (saya tak bisa menjelaskan saat ini) kita akan menyelesaikan proyek itu.
  • Somehow she found the way to the lost temple. – Entah bagaimana caranya (saya tidak bisa menjelaskan), dia menemukan jalan ke kuil yang hilang itu.

ANYHOW

Nah, bagaimana dengan kata ini? Kamus online Free Dictionary menyebutkan kata ini berarti “in whatever way or manner – dengan cara apapun, bagaimanapun juga.” Jadi ungkapan ini dipakai untuk menunjukkan bahwa sobat akan menempuh segala cara, apapun itu.

  • I will get her attention anyhow. – Saya akan mendapatkan perhatiannya, apapun caranya.
  • Don’t worry. I’ll solve the problem anyhow. – Jangan khawatir. Saya akan menyelesaikan persoalan itu apapun/bagaimanapun caranya.

Kata ini, menurut kamus yang sama, juga berarti “nevertheless – bagaimanapun juga.”

  • She is sometimes mean and rude, but I lover her anyhow. – Dia kadang-kadang jahat dan kasar. Meskipun begitu, saya mencintainya.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *