Road vs Street

By | February 20, 2016

Sobat pembaca pasti pernah bertanya-tanya, apa sih bedanya road sama street? Sebenarnya dua kata ini merujuk pada hal yang sama, yaitu jalan. Perbedaan di antara keduanya terletak pada letak dan fungsi jalan itu. Sebenarnya masih ada banyak istilah lain yang juga terkait dengan jalan: avenue, boulevard, highway, dan lain-lain. Tetapi, pokok bahasan kita kali ini kita batasi hanya pada dua kata tersebut.

ROAD

Kata ini adalah kata umum yang lazim digunakan untuk menyebut jalan yang menjadi rute perjalanan yang dilalui kendaraan antara dua titik, misalnya antara dua kota. Untuk mudahnya, coba sobat pembaca membayangkan hendak bepergian dari Yogyakarta ke Surakarta, atau dari Jakarta ke Bogor. Dua titik tempat itu dihubungkan oleh jalan yang menjadi rute perjalanan kendaraan dari satu titik ke titik yang lain.

Bicara soal rute, tentu ada beberapa alternatif. Artinya, tidak hanya ada satu jalan yang menghubungkan satu titik dengan titik lain. Ada banyak jalan lain, tetapi tetap mengantar pengguna jalan pada titik yang dituju.

Nah, jalan yang menjadi rute perjalanan itulah yang disebut road, bukan street. Entah jalan itu beraspal atau tidak, tetap disebut road. Makanya ada istilah dirt road atau jalan tanah.

Meskipun ada beberapa alternatif rute dari satu titik ke titik berikutnya, biasanya tetap ada yang namanya jalan utama,  the main road, yang menghubungkan dua titik. Jalan utama inilah yang disebut highway.

STREET

Berbeda dengan road, street adalah jalan yang ada di dalam kota, yang biasanya ditandai dengan rumah atau bangunan lain di kedua sisinya. Fungsi jalan ini BUKAN menjadi rute perjalanan antara dua kota, tetapi menjadi sarana interaksi antara warga penduduk kota. Karena street adalah bagian dari kehidupan kota, street umumnya adalah jalan beraspal. Itulah sebabnya, TIDAK ADA istilah dirt street.

One thought on “Road vs Street

  1. Pingback: Avenue vs Boulevard: Ini Dia Bedanya! – English 4 SMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *