Present vs Gift vs Memento vs Souvenir: Apa Ya Bedanya?

By | December 3, 2017

Sobat pembaca setia englishforsma.com kali ini kita akan bahas empat nomina yang sering membingungkan pembelajar bahasa Inggris: present, gift, memento, souvenir. Keempatnya mengandung pengertian pemberian yang diberikan kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan.

Lalu, apa sih bedanya? Apakah keempatnya bisa dipertukarkan? Dalam banyak situasi present dan gift bisa dipertukarkan, meskipun kata gift dalam konteks lain juga diartikan pemberian atau karunia, makna yang TIDAK dimiliki oleh kata present. Sementara kata memento dan souvenir adalah hadiah yang diberikan dalam situasi khusus, yang dalam bahasa Indonesia sering disebut “kenang-kenangan”.

PRESENT

Kata ini lebih lazim digunakan untuk menyebut hadiah yang secara fisik tampak, sesuatu yang kongkrit, dan diberikan langsung oleh pemberi dan diterima langsung oleh tangan penerima. Dalam bahasa Indonesia, kata ini lebih tepat diartikan kado. Orang lebih suka menggunakan kata ini untuk menyebut pemberian yang dipersembahkan kepada seseorang yang mempunyai relasi PERSONAL dengan si pemberi kado, dan lazimnya yang disebut present diberikan pada KESEMPATAN/PERISTIWA KHUSUS seperti ulang tahun atau perkawinan.

Misalnya, ketika sobat datang ke pesta ulang tahun seorang teman, pasti sobat membawa sesuatu bagi yang sedang berulang tahun. Sobat pasti mempunyai relasi personal dengan teman yang berulang tahun itu. Nah, kado semacam ini lazimnya sobat berikan langsung saat sobat hadir dalam pesta ulang tahun itu dan diterima langsung oleh penerima. Inilah yang disebut birthday present.

Demikian juga ketika sobat memberikan hadiah kepada orang tua sobat saat ulang tahun perkawinan. Ulang tahun perkawinan adalah peristiwa spesial, dan sobat tentulah mempunyai relasi personal dengan orang tua. Atau ketika sobat menghadiri pesta pernikahan seorang teman, kado yang sobat bawa dsebut wedding present. Atau pada saat merayakan hari besar Natal, misalnya, orang sering saling memberikan hadiah atau kado yang disebut Christmas present. Nah, dalam situasi semacam inilah biasanya kata ini dipakai.

Pantas untuk dicatat bahwa semua present adalah gift, tetapi TIDAK sebaliknyaArtinya, dalam situasi apapun sobat bisa menggunakan kata present, di situ sobat bisa menggantikannya dengan kata gift. Tetapi, tidak sebaliknya. Lazimnya, yang disebut present itu dibungkus.

GIFT

Kata ini lebih tepat diartikan pemberian. Kata ini digunakan dalam konteks lebih luas ketimbang kata present, dan oleh karena itu kata ini BISA menggantikan kata present dalam semua situasi sebagaimana dijelaskan di atas. Jadi sobat bisa saja menyebut bentuk-bentuk pemberian di atas dengan wedding/birthday/Christmas gifts 

TETAPI, perlu dipahami bahwa kata ini digunakan dalam konteks yang lebih luas dari kata present. Orang lebih suka menggunakan kata ini untuk menyebut pemberian yang sifatnya kurang personal, bahkan sama sekali tidak personal. Misalnya, sobat mendapatkan bonus sebuah produk jika sobat berbelanja di sebuah supermarket dengan nilai nominal tertentu. Nah, bonus produk ini disebut free gift, Orang tidak akan mengunakan kata present di sini, karena bonus itu sekadar alat promosi, yang tentu jauh dari apapun yang sifatnya personal.

Kata ini juga dipakai untuk menyebut pemberian yang sifatnya donasi. Ketika seseorang memberikan sebidang tanah sebagai pemberian kepada sebuah universitas, pemberian ini akan disebut gift, BUKAN present, karena ada unsur donasi di situ. Lagipula, secara harafiah pemberian berupa tanah ini tidak diterima dengan tangan oleh penerima.

Kata ini juga dipakai untuk menyebut pemberian yang sifatnya abstrak, yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Talenta, bakat, kemampuan khusus yang diberikan dari atas, semua itu adalah pemberian yang disebut gift. Dalam hal ini, kata present TIDAK bisa digunakan.

MEMENTO

Nah, kata terakhir ini mempunyai makna khusus dan sempit. Kata ini lazimnya dipakai untuk menyebut sesuatu yang diberikan kepada orang lain sebagai PENGINGAT agar ia mengenang momen, waktu, atau peristiwa tertentu. Dalam bahasa Indonesia, kata ini lazimnya diartikan kenang-kenangan atau tanda mata. Contohnya begini. Sobat ikut serta dalam program pertukaran pelajar dengan sebuah sekolah di Australia, dan sempat tinggal bersama dengan sebuah keluarga di sana selama dua minggu. Pada hari terakhir sobat memberikan sebuah taplak meja batik yang sangat indah kepada keluarga itu. Sobat memberikan taplak tersebut sebagai pengingat bagi keluarga itu bahwa sobat pernah tinggal bersama mereka.

Atau seorang pembicara dalam sebuah seminar diberi tanda-mata atau kenang-kenangan di akhir seminar berupa plakat. Plakat ini bisa disebut memento, karena ia diberikan sebagai pengingat agar pembicara tersebut mengingat peristiwa seminar itu.

SOUVENIR

Nah, meskipun kata ini juga dipakai untuk menyebut sesuatu yang diberikan kepada orang lain, kata ini mempunyai konotasi berbeda dengan kata-kata sebelumnya. Kata ini lazimnya terkait dengan perjalanan yang pernah dilakukan seseorang. Kalau sobat pulang dari Adelaide dan membawakan satu T-shirt dari kota itu untuk adik atau toman sobat, itu yang disebut souvenir.

Semoga pejelasan sederhana ini membantu.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *