Present Perfect Tense vs Simple Past Tense

By | November 6, 2015

Simple past tense (Subyek + kata kerja bentuk ke 2) dan present perfect tense (Subyek + has/have + kata kerja bentuk ke 3) adalah dua tenses yang sering dipakai dalam percakapan sehari-hari. Kedua tenses tersebut dalam konteks tertentu sama-sama digunakan untuk membicarakan kejadian di waktu lampau. Coba sobat pembaca perhatikan dua kalimat berikut ini:

I have seen the movie twice – saya sudah menonton film itu dua kali.

I saw the movie twice last month – saya menonton film itu dua kali bulan lalu.

Kedua kalimat tersebut mengacu pada kejadian yang telah lewat, kejadian yang terjadi dulu di waktu lampau. Pertanyaannya, mengapa kalimat pertama menggunakan have + kata kerja bentuk ke 3, sementara kalimat kedua cukup menggunakan kata kerja bentuk ke 2?

Jawabannya sederhana. Jika sobat pembaca menekankan aspek ‘sudah’nya, tanpa menyebutkan kapan kejadian itu terjadi – karena memang dianggap tidak penting – sobat pembaca silakan menggunakan pola kalimat pertama (present perfect tense). Artinya, yang penting bagi sobat adalah ‘sudah’ menonton film itu, kapan menontonnya tidak penting untuk diceritakan.

Sebaliknya, jika sobat pembaca menekankan ‘kapan’ sebuah kejadian terjadi, silakan gunakan pola kalimat kedua (simple past tense). Artinya, penting bagi sobat untuk menyertakan waktu spesifik yang menunjukkan kapan menonton film itu terjadi.

Barangkali contoh percakapan pendek berikut memperjelas penjelasan di atas.

A: There’s a good movie on XXI. Would you care to come see the movie with me tonight? – Ada film bagus di XXI. Mau nonton dengan saya nanti malam?

B: Sorry, I have seen it. I saw it last night. – Maaf, saya sudah nonton. Saya nonton tadi malam.

Dalam contoh percakapan tersebut, B menggunakan present perfect tense (I have seen it) untuk memberikan respon awal, karena B lebih mementingkan aspek ‘sudah’ nya. Kemudian B menegaskan lagi dengan menyebutkan secara eksplisit waktu spesifik yang menunjukkan kapan B menonton film itu. Maka, B menggunakan pola kalimat simple past tense (I saw it last night).

Begitu sobat pembaca perbedaan antara Present Perfect Tense dan Simple Past Tense. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *