Persons vs People

By | May 23, 2016

Kata person mempunyai 2 bentuk jamak: persons dan people, dan banyak orang menganggap keduanya sama dan bisa saling menggantikan. Sebenarnya, tidak demikian. Penekanan dan penggunaan kedua kata ini berbeda. Mari kita mulai dengan kata persons.

Kata ini menekankan masing-masing individu, terutama jika sobat berbicara tentang individu dengan identitas. Ketika sobat menggunakan kata ini, bagi sobat identitas tiap individu menjadi penting. Maka, tidak heran jika kata ini banyak digunakan dalam ragam bahasa tulis dalam konteks formal dan resmi, terutama hal-hal terkait hukum. Departemen Kehakiman Amerika Serikat, misalnya, mempunyai database yang disebut ‘The Missing and Unidentified Persons System‘.

Dalam frase tersebut kata people tidak digunakan. Alasannya, identitas tiap individu yang hilang itu adalah sesuatu yang amat penting. Atau dalam frase yang terdapat dalam tanda peringatan ‘No Entry. Authorized persons Only‘.Dalam frase ini kata people tidak bisa digunakan. Identitas person yang boleh memasuki area terbatas tersebut pastilah penting.

Atau seandainya identitas tak terlalu penting untuk dibicarakan, kata persons tetap digunakan dalam konteks resmi. Kita biasa menemukan tanda peringatan dalam lift di kantor-kantor resmi ‘Occupancy by more than eight persons is unlawful‘, artinya jika lift tersebut dimuati lebih dari 8 orang, itu melanggar hukum. Dalam konteks resmi semacam ini, kata people tidak digunakan.

Bagaimana dengan people? Kata ini digunakan dalam percakapan sehari-hari ketika sobat berbicara tentang dua atau lebih orang atau sekumpulan masa anonim. Dalam kata ini terkandung pengertian bahwa identitas masing-masing individu dalam sekelompok orang tidaklah penting. Ketika sobat berbicara tentang 2000 orang penonton konser musik, sobat akan menggunakan kata ini.

  • About 2000 people watched the Beatles’ last concert last week. – Sekitar 2000 orang menyaksikan konser terakhir the Beatles minggu lalu. About 2000 persons (X).

Atau ketika sobat berbicara tentang banyaknya orang menggunakan kereta api sebagai alat tarnsportasi favorit.:

  • Many people commute by train every day. – Banyak orang pergi dan pulang kerja dengan kereta api. Many persons (X).

Semoga membentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *