Perbedaan Waste, Rubbish, Garbage, Trash, dan Litter

By | January 16, 2016

Lima kata berikut: waste, rubbish, garbage, trash, dan litter mempunyai kedekatan makna. Semuanya mengacu pada benda atau unsur yang dibuang orang sebagai hasil produksi industri maupun rumah tangga. Dari lima kata tersebut, kata waste mempunyai cakupan makna paling luas dan umum. Empat kata lainnya: rubbish, garbage, trash, dan litter  adalah jenis waste.

WASTE

Waste bisa berfungsi sebagai kata kerja (verb) atau  kata benda (noun). Yang kita bahas kali ini adalah waste sebagai kata benda. Kata waste biasa diartikan sebagai limbah. Waste atau limbah adalah segala macam bentuk buangan hasil produksi, baik dari industri maupun rumah tangga. Waste bisa berbentuk cair maupun padat. Limbah cair termasuk air cucian, cairan pembersih yang dibuang setelah digunakan di industri, air buangan dari pabrik tahu, dan lain-lain.

Limbah padat bisa berbentuk apapun mulai dari potongan kertas, kaleng, botol, ban bekas, kulit pisang, sisa makanan, sisa sayuran, dan lain-lain. Waste juga meliputi sampah yang sering disebut rubbish, garbage, trash, dan litter.

RUBBISH/GARBAGE/TRASH

Ketiga kata tersebut terkait erat satu sama lain. Ketiganya adalah jenis waste. Rubbish, yang biasa diartikan sebagai sampah, barangkali lebih umum digunakan dalam British English. Penutur asli American English juga mengenal kata ini meskipun tak terlalu sering menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Rubbish adalah kata yang digunakan oleh penutur asli  British English untuk merujuk pada sampah yang dalam American English  dibagi menjadi 2 jenis:  garbage dan trash.

Yang menarik adalah ada sementara penutur asli American English yang tidak membedakan antara garbage dan trash karena tidak mengerti keduanya berbeda. Keduanya dianggap sinonim dan bisa dipertukarkan, meskipun sebenarnya dua kata itu mengacu pada 2 jenis sampah yang berbeda.

Garbage adalah jenis sampah yang berasal dari kamar mandi (misalnya kertas toilet, pembalut, dan lain-lain) dan sampah yang terkait dengan dapur, termasuk sampah buangan dari proses persiapan pembuatan makanan, maupun sisa makanan. Yang termasuk dalam kategori ini adalah sisa makanan, potongan sayur (bayam, wortel, kol, kangkung) tak terpakai, kulit buah (misalnya pisang, durian), biji buah yang dibuang, makanan basi, dan lain-lain. Banyak orang sering menyebut garbage sebagai sampah basah yang tidak bisa lagi didaur ulang.

Sementara itu trash sebenarnya berarti barang-barang yang sudah tak digunakan lagi, dan oleh karenanya dibuang. Bagi orang yang membuangnya trash tidak berguna lagi. Tetapi bagi orang lain trash bisa jadi masih bermanfaat. Biasanya trash bisa didaur ulang. Yang termasuk trash misalnya botol plastik, botol kaca, kaleng, ban bekas, perabot rumah tangga seperti kursi, meja yang tak digunakan lagi, barang-barang rumah tangga seperti jam dinding, televisi, atau apapun yang tak digunakan lagi, termasuk ranting, daun-daunan, dan lain-lain. Banyak orang menyebut trash sebagai sampah kering.

LITTER

Litter  adalah jenis sampah khusus. Litter adalah sampah-sampah kecil yang dibuang orang di jalan secara sembarangan, misalnya plastik bungkus kacang, plastik bungkus permen, puntung rokok, daun pisang pembungkus lemper, karton kemasan minuman, dan lain-lain. Jadi, litter adalah sampah kecil yang tidak dibuang pada tempatnya.

4 thoughts on “Perbedaan Waste, Rubbish, Garbage, Trash, dan Litter

  1. Pingback: Tracy Glastrong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *