Perbedaan Sound, Noise, dan Voice

By | November 24, 2015

Sobat pembaca, kali ini saya ingin membahas tiga kata yang satu sama lain terkait erat: sound, noise, dan voice. Ketiga kata ini mempunyai kedekatan makna, dan sama-sama berkaitan dengan kata suara. Kata sound mempunyai makna yang lebih luas dan umum ketimbang noise dan voice, karena noise dan voice adalah jenis sound.

SOUND

Dalam bahasa Indonesia, sound berarti suara. Sound adalah segala sesuatu yang kita dengar dan sampai ke telinga. Suara musik, gemericik air, kicauan burung, ledakan dinamit, dan apapun yang sobat pembaca dengar itu tergolong sound. Pendek kata, sound adalah sensasi (pengalaman atau rasa yang dialami/diterima oleh telinga kita).

  • I can see the picture, but there is no sound (artinya, you can’t hear anything – tidak ada sensasi yang diterima oleh telinga). – Saya bisa melihat gambarnya, tapi tak ada suara.
  • Did you hear the sound of someone knocking on the door last night? – Apakah kamu mendengar suara orang mengetuk pintu tadi malam?

VOICE

Voice juga diartikan sebagai suara dalam bahasa Indonesia. Tetapi, suara yang dimaksud di sini adalah suara yang dihasilkan manusia ketika mereka berbicara/bernyanyi, BUKAN sensasi yang diterima oleh telinga. Jelasnya begini. Ketika sobat pembaca membuka mulut, entah berbicara, bernyanyi, atau bahkan berteriak, sobat menghasilkan apa yang disebut voice. Jadi, secara sederhana, yang disebut voice adalah suara sebagai hasilTetapi, ketika telinga sobat pembaca menerima sensasi tertentu yang ada dalam voice itu, entah sobat sukai atau tidak, sensasi itu tetap disebut sound. Coba perhatikan kalimat berikut ini:

  • I don’t like the sound of my own voice. – Saya tidak menyukai sound, (suara dalam arti sensasi yang sampai ke telinga saya, yang saya dengar) dari voice (dalam arti suara yang dihasilkan ketika sobat berbicara)

NOISE

Noise secara khusus berarti sound yang tidak menyenangkan di telinga, dan biasanya keras. Suara anak berteriak-teriak, suara kelas ribut, atau suara mesin bergemuruh yang mengganggu termasuk noise.

  • Stop making noise, will you? I’m trying to sleep. – Berhenti buat kegaduhan. Saya sedang mencoba untuk tidur.

 

5 thoughts on “Perbedaan Sound, Noise, dan Voice

  1. mochi

    kalau suara yg dikeluarkan oleh hewan?
    seperti menggongong, mengeong, dll masuk dalam kategori mana?
    suara saat anjing/kucing berkelahi/menangis masuk dalam kategori mana?

    Reply
  2. Najwa

    Kalau begini, kata ‘best’ itu ada 4 huruf dan juga memilik 4 sounds. Nah ajari dong cara mengatahui sounds nya itu. Thank you

    Reply
  3. Pingback: Melanie Glastrong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *