Perbedaan Send, Ship, dan Deliver

By | November 18, 2015

Send, ship, dan deliver adalah kata-kata yang lazim digunakan ketika sobat pembaca mengirimkan sesuatu, entah paket, pesan singkat, atau email. Send dan ship itu bisa dikatakan sinonim, meskipun ship digunakan dalam konteks yang lebih sempit, tetapi tidak dengan deliver.

Ship pada awalnya digunakan untuk pengiriman barang melalui laut, tetapi sekarang sudah mengalami perluasan makna, sehingga kata itu juga mencakup pengiriman melalui darat dan udara. Mari kita tengok satu per satu.

SEND

Barangkali kata ini mempunyai makna yang paling luas. Artinya, kata ini bisa digunakan dalam konteks pengiriman apapun, entah barang, paket, surat, email, bahkan pesan singkat. Jadi, you can send a package, a letter, an email, or even a message. Itu soal apa yang bisa dikirim. Bagaimana dengan maknanya?

Send sebenarnya menunjukkan bahwa barang, paket, surat, email, pesan yang dikirimkan meninggalkan pengirim. Hanya sampai di situ. Jadi kata send tidak ada sangkut pautnya dengan siapa yang mengantar atau menyampaikan barang, paket, email, atau pesan itu ke penerima., atau yang dikirim itu sudah sampai di tangan penerima atau belum. Coba sobat perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  • I am going to send the letter tomorrow. – Saya akan (berencana) mengirimkan surat itu besok. Dengan kata lain, surat itu akan meningggalkan saya sebagai pengirim besok.
  • The package was sent yesterday. – Paket itu dikirim kemarin. Artinya, paket tersebut meninggalkan gudang atau siapapun sebagai pengirim kemarin.

SHIP

Kata ini lebih sempit pengertiannya. Meskipun awalnya hanya digunakan untuk pengiriman lewat laut, sekarang kata ini juga digunakan untuk pengiriman lewat darat maupun udara. Kata ship biasa dipakai untuk pengiriman barang atau paket dan biasa digunakan di dunia bisnis/jasa pengiriman barang. Kata ini, karena maknanya lebih sempit, TIDAK BISA digunakan untuk pengiriman pesan, surat, atau email, misalnya. Maka, you can’t ship a message, tentunya.

Dari sisi makna, kata ini mirip dengan send. Kata ship juga sekadar menunjukkan bahwa barang atau paket meninggalkan pengirim. Tak lebih dari itu.

DELIVER

Berbeda dengan ship dan send, kata deliver berarti menyampaikan barang, paket, surat, email, atau pesan ke tangan penerima. Ketika sobat pembaca mengirim (send) surat, misalnya, ada pihak lain – dalam hal ini kantor pos – yang menyampaikan (deliver) surat tersebut ke tangan penerima.  Dengan kata lain:

  • You send a letter, and the post office will deliver it to the receiver. – Anda mengirim surat, kantor pos akan menyampaikan/mengantarkan surat tersebut ke tangan penerima.

Ketika sobat pembaca melihat status pesan di hp menunjukkan message sent itu artinya pesan telah meninggalkan Anda sebagai pengirim, tetapi belum sampai ke penerima. Ketika status berubah menjadi message delivered artinya pesan sudah sampai/diterima oleh penerima pesan (dan dalam hal ini provider lah yang men- deliver, bukan Anda).

Maka, ketika sobat mendengar seseorang mengatakan:

  • I’m going to deliver the package tomorrow. – Saya akan mengantarkan paket itu (ke tangan penerima) besok.

Itu artinya orang itu sendirilah yang akan menyampaikan atau mengantarkan paket tersebut ke tangan penerima.

Mudah-mudahan penjelasan singkat ini membantu sobat pembaca semua untuk memahami perbedaan makna send/ship dan deliver.

5 thoughts on “Perbedaan Send, Ship, dan Deliver

  1. ferri

    bang, kalau bahasa indonesia nya….” jika mail man tidak bisa mengantarkan nya, tidak ada yang bisa ” lalu diubah ke inggris menjadi “if mail man can’t deliver it, no one can”…..betul ga?

    Reply
  2. AnnaMJ

    Hello! My name is AnnaMarkova, our company need to advertise on your website. What is your prices? Thank you. Best regards, Mary.

    Reply
    1. English 4 SMA Post author

      Hi Lina, thanks for dropping by … Di antara ketiga kata itu, yang paling berbeda adalah shipper, yang artinya pengirim. Orang atau agen yang melakukan pengiriman. Shipping dan shipment dua2nya bisa berarti kegiatan mengirim. Tetapi, kata shipment bisa juga berarti jumlah barang/kargo yang dikirim …

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *