Because of, Owing to, dan Thanks to: Persamaan dan Perbedaan

By | November 10, 2015

Haloooo sobat pembaca semua. Senang bisa berjumpa lagi secara daring alias online. Nah, kali ini kita akan bahas topik yang menarik: because of, owing to, dan thanks to. Sebelumnya sudah dibahas tentang because of dan due to. Ketiga frasa tersebut termasuk dalam kategori preposisi. Ketiganya diikuti oleh kata benda (noun/noun phrase). Secara umum bisa dikatakan bahwa because of paling umum atau lazim digunakan, terutama dalam percakapan.

BECAUSE OF/OWING TO

Kedua preposisi ini sebenarnya bisa saling menggantikan. Hanya saja, owing to terdengar lebih formal, dan oleh karena itu frasa ini tidak terlalu lazim digunakan dalam konteks percakapan sehari-hari. Jadi, perbedaan keduanya bukan terletak pada artinya, tetapi pada penggunaannya. Coba perhatikan contoh kalimat berikut ini:

  • The soccer match was delayed because of/owing to heavy rain. – Pertandingan sepak bola ditunda karena hujan lebat.
  • He successfully marketed the product because of/owing to his communication skill. – Ia berhasil memasarkan produk itu karena kemampuan komunikasinya.

Kedua frasa digunakan dalam konteks positif maupun negatif. Kalimat pertama, misalnya lebih bernuansa negatif, sementara kalimat kedua lebih positif. Pilihan di antara keduanya diserahkan kepada sobat sebagai pengguna bahasa, meskipun tetap harus memperhatikan formal atau tidaknya situasi.

THANKS TO

Berbeda dengan dua preposisi sebelumnya, thanks to dipakai untuk menjelaskan bahwa sesuatu terjadi sebagai hasil dari sesuatu yang baik/positif. Maka, thanks to  tidak bisa menggantikan because of/owing to dalam kalimat pertama di atas. Tetapi, frasa ini bisa menggantikan dua frasa lain dalam kalimat kedua. Frasa ini lebih tepat diartikan berkat dalam pengertian karena. Berikut adalah contoh  kalimat lain untuk menjelaskan penggunaan thanks to.

  • Thanks to his hard work, he is now a very successful businessman. – Berkat kerja kerasnya, is sekarang menjadi wirausahawan sukses.

Tentu saja, because of sebagai ungkapan yang paling umum, bisa menggantikan thanks to dalam kalimat tersebut, meskipun thanks to sendiri tidak bisa otomatis menggantikan because of.

2 thoughts on “Because of, Owing to, dan Thanks to: Persamaan dan Perbedaan

  1. FujiChaan

    min, saya mau nanya, apakah beda maknanya jika thanks to posisi nya terletak di awal dan tengah? untuk membentuk kalimat yang ada thanks to nya, apakah kata thanks to juga memiliki bentuk grammarnya? Terima kasih 🙂

    Reply
    1. English 4 SMA Post author

      Halo FujiChaan … Terima kasih udah mampir ke mari yak … Mmmm, saya belum pernah menemui ‘thanks to’ dalam pengertian karena/berkat diletakkan di tengah kalimat. Lazimnya diletakkan di depan atau di akhir kalimat. Maknanya sama saja. Hanya soal penekanan saja. Kalau di depan, pembicara memberi penegasan lebih.

      O iya yang dimaksud bentuk grammar dari ‘thanks to’ apa ya?

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *