Own vs Have vs Possess: Persamaan dan Perbedaan

By | December 12, 2015

Sobat pembaca setia, topik yang kita angkat kali ini adalah tiga verba yang terkait satu sama lain dalam hal makna: own, have, possess. Meskipun mempunyai kemiripan makna, ketiganya tidak selalu bisa dipertukarkan. Mari kita bahas satu per satu.

OWN

Yang khas dari kata ini – dibandingkan dua kata lainnya – adalah aspek legalitas. Terjemahan yang tepat untuk kata ini adalah memiliki. Kata ini digunakan ketika sobat pembaca ingin mengatakan bahwa sobat memiliki sesuatu dan mempunyai hak yang sah secara hukum atas sesuatu itu.

Maka, umumnya kata ini digunakan untuk hal-hal yang besar, yang membutuhkan legalitas kepemilikan. ‘Sesuatu’ yang dimaksud di sini bisa berupa benda fisik (misalnya, rumah, apartemen, pabrik, tanah, dan lain-lain), maupun hal-hal yang abstrak (misal website, merek dagang (brand), company, dan lain-lain). Coba perhatikan kalimat-kalimat ini:

  • Mr. Black is a wealthy man. He owns a vast piece of land and several apartments. – Pak Black adalah orang kaya. Ia memiliki tanah yang luas dan beberapa apartemen. Kalimat ini artinya, Pak Black mempunyai hak sah secara hukum atas tanah dan apartemen itu.
  • Mr. Black owns an internationally reputable company. – Pak Black memiliki perusahaan yang bereputasi internasional, dan ia mempunyai hak yang sah secara hukum atas perusahaan itu.

HAVE

Kata ini mempunyai makna yang lebih luas dari own, dan barangkali lebih fleksibel untuk digunakan dalam kalimat. Kata have dalam banyak hal bisa menggantikan kata own. Dalam dua contoh kalimat di atas, misalnya, kata own bisa digantikan oleh kata have. Itu berarti bahwa have mempunyai makna yang sama dengan own dalam dua kalimat di atas. Kalimat-kalimat berikut bisa memperjelas:

  • Dad has a a beautiful red car. – Ayah mempunyai mobil cantik berwarna merah. Kata have di sini bisa digantikan oleh own.
  • I don’t have a watch. – Saya tidak mempunyai jam tangan. Kata have bisa digantikan oleh own.

Tetapi, have juga digunakan ketika sobat ingin mengatakan bahwa sobat mempunyai sesuatu tanpa hak sah secara hukum atas sesuatu itu. Atau, ketika sobat ingin mengatakan bahwa sobat mempunyai sesuatu tanpa memilikinya. Artinya, sobat mempunyai sesuatu tanpa hak kepemilikan atas sesuatu itu. Coba perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

  • I have a girl. Donna is her name. – Saya mempunyai pacar. Namanya Donna. Kata have di sini tidak bisa digantikan oleh own, karena saya atau siapapun tidak mempunyai hak yang sah secara hukum atas pacar. Saya memang mempunyai pacar, tetapi saya tidak mempunyai hak milik atas pacar saya itu.
  • My house is big. It has three bedrooms, a living room, and a large kitchen. Rumah saya besar. Rumah saya mempunyai 3 kamar tidur, ruang tamu, dan dapur yang besar. Kata have di sini tidak bisa digantikan oleh own. Alasannya sederhana, kata have di sini sama sekali tidak mengisyaratkan kepemilikan apapun.
  • Hydroelectricity has its own advantages and disadvantages. – Listrik tenaga air mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kata have dalam kalimat ini tidak mengisyaratkan kepemilikan apapun. Oleh karena itu, kata ini tidak bisa digantikan oleh own.

POSSESS

Terkait dengan benda-benda fisik, kata ini umumnya digunakan dalam kalimat negatif untuk menyatakan bahwa seseorang tidak memiliki apa yang pada umumnya dimiliki orang lain. Mari kita lihat contoh kalimat berikut:

  • Everybody has a TV, but I don’t think he possesses one. – Setiap orang punya TV tetapi saya kira dia tidak punya.

Kata possess mempunyai makna yang sama dengan have, dan dalam banyak kasus bisa digantikan oleh have.

  • What magical power do you possess? – Kekuatan gaib apa yang kamu punyai? Kata possess di sini sama artinya dengan have, dan oleh karenanya bisa digantikan oleh have, tetapi tidak bisa digantikan oleh own.
  • A potential applicant should possess particular skills and qualities. – Pelamar yang potensial harus mempunyai keterampilan dan kualitas tertentu.

Kesimpulannya, own mempunyai kekhasan, yakni aspek legalitas. Kata have bisa dengan mudah menggantikan own, tetapi sebaliknya, own tidak bisa dengan mudah menggantikan have. Possess  mempunyai makna yang sama dengan have, hanya saja kata ini lebih sering digunakan dalam kalimat negatif, untuk menyatakan bahwa seseorang tidak mempunyai apa yang umumnya dipunyai orang lain.

 

2 thoughts on “Own vs Have vs Possess: Persamaan dan Perbedaan

  1. To be name

    Terima kasih banyak, penjelasan ini sangat bermanfaat, semoga tambah sukses

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *