Original, Genuine, Authentic: Apa Bedanya?

By | May 19, 2016

Sobat pembaca, tiga kata ini – original, genuine, dan authentic – memang membingungkan. Kita sering mengalami kesulitan memilih kata yang tepat dalam situasi tertentu. Wajar, kita bukan penutur asli, dan dalam pikiran kita, sudah tertanam bahwa ketiga kata ini berarti asli, tidak palsu. Tentu tidak salah. Tetapi, baik juga kita memahami konotasi masing-masing kata ini, supaya kita bisa menggunakan kata-kata tersebut dengan tepat.

ORIGINAL

Kata ini memang bisa diartikan asli. Yang dimaksud asli di sini bukan dalam pengertian lawan dari palsu, tetapi asli dalam arti yang pertama, yang awal.

Sobat sering mendengar istilah original song, original artist, original product. Dalam frase-frase ini, kata original berarti yang pertama atau awal dan belum diubah-ubah. Sebuah lagu bisa mempunyai banyak versi berbeda setelah diaransir ulang oleh artis yang berbeda. Tetapi, hanya versi awal lagu itu yang bisa disebut original. Dan hanya penyanyi yang pertama kali menyanyikan lagu itu yang bisa disebut original artist. Demikian juga dengan original product.

GENUINE

Kata ini juga berarti asli. Nah, kata inilah yang merupakan lawan kata dari palsu. Kalau sobat berbicara tentang genuine product, misalnya, itu berarti produk asli bukan tiruan, bukan palsu. Maka, bisa saja sebuah produk disebut genuine tetapi tidak original, karena sebuah produk pasti mengalami evolusi. Sebaliknya produk yang original pastilah genuine.

Ipod pertama kali diproduksi tahun 2001. Ipod versi inilah yang disebut the original Ipod, tetapi sekaligus genuine, karena bukan tiruan, dan diproduksi langsung oleh Apple Inc. tetapi, Ipod yang diproduksi tahun 2014 oleh Apple Inc. pastilah genuine meskipun tidak original karena bukan versi awal. Juga ketika sobat berbicara tentang suku cadang asli, misalnya, hanya kata ini yang digunakan: a genuine spare part.

Sebagai catatan, kata ini juga bisa dipakai untuk menggambarkan seorang individu yang tidak palsu, alias tulus, tidak dibuat-buat.

AUTHENTIC

Kata ini dalam konteks tertentu sehari-hari bisa saling menggantikan dengan kata genuine, terutama ketika keduanya berarti asli dalam arti tidak palsu atau tiruan, meskipun ada perbedaan sedikit. Kalau sobat berbicara tentang produk tertentu, baik genuine maupun authentic bisa digunakan untuk mendeskripsikan produk tersebut, dengan makna yang kurang lebih sama. Hanya ada perbedaan tipis dalam hal konotasi.

Maksudnya begini. Sebuah genuine product adalah produk asli dalam pengertian bukan tiruan, bukan palsu. Nah, kalau sobat mengatakan authentic product, sobat ingin MENEGASKAN bahwa produk tersebut dipasok atau berasal langsung dari pabrik atau perusahaan induknya, dan dengan demikian pasti genuine. Dalam konteks produk, kata ini sangat lazim digunakan untuk membicarakan produk yang dijual di toko-toko online. Penjual sering menggunakan kata ini untuk menegaskan kepada konsumen bahwa barang-barang yang dijualnya dia dapatkan atau dipasok atau didistribusikan langsung dari pabrik atau perusahaan induknya.

Dalam konteks lain, ketika kita berbicara tentang dokumen sejarah, misalnya, dokumen itu bisa disebut authentic jika dokumen tersebut telah terverifikasi dan didukung oleh fakta-fakta atau bukti tak terbantahkan. Misalnya, dalan kalimat ‘It seems that they had discovered authentic prehistoric artifacts’. Kata authentic digunakan di sini untuk menunjukkan bahwa artifak sejarah yang ditemukan itu asli karena menurut kajian sesuai dengan bukti-bukti tak terbantahkan terkait kondisi zaman/waktu artifak itu berasal. Kata genuine tidak bisa dipakai di sini: a genuine prehistoric artifact (X).

Ketika digunakan untuk mendeskripsikan orang, kata ini dalam praktik sehari-hari saling menggantikan.  She is an authentic/genuine person, untuk merujuk pada individu yang apa adanya, tidak dibuat-buat ketika mengekspesikan diri.

Kata ini juga berarti asli dalam pengertian sesuai dengan standar yang berlaku. Misalnya, dalam frase authentic Chinese cuisine., makanan Cina yang otentik. Artinya, makanan Cina yang dipersiapkan, diolah, dan dibuat dengan standar asli masakan Cina. Dalam hal ini, kata genuine tidak bisa digunakan: genuine Chinese cuisine (X).

8 thoughts on “Original, Genuine, Authentic: Apa Bedanya?

  1. Fidel Ramadhan

    Artikelnya menarik 😀
    Mau nanya nih kalau” Authentic Friendship” itu masih termasuk ke orang2 kan? Berarti pertemanan yang apa adanya??

    Reply
    1. English 4 SMA Post author

      Iya betul, kata authentic bisa juga dipakai untuk pertemanan. Pertemanan yang tidak palsu, apa adanya, sungguh-sungguh, tulus, dan oleh karena itu ada relasi mendalam antara dua atau lebih teman. Kalau teman di facebook dan kita hanya bisa melihat fotonya, mengomentari statusnya, dan tak lebih dari itu, itu kayaknya tidak authentic. Heheheh … BTW thanks for dropping by. I appreciate it.

      Reply
  2. Andhika wiratama

    Gan kalo ad org jualan d ig semisal..nah ngmgny dompet gu*ss authentic. Dgn hrg yg g semahal toko..itu gmn? Kalau sesuai dgn artikel anda g y? Mngkin krn produk tersebut didukung kualitas bagus setara asli dan bukti tak terbantahkan itu y…

    Reply
    1. English 4 SMA Post author

      Thanks Gan kunjungannya …. Good question. Iya bener Gan. Di toko-toko online atau di medsos kata ini sering digunakan. Dan memang bisa digunakan untuk produk. Penjualnya hanya ingin MENEGASKAN bahwa produk yang dijual online itu SAMA PERSIS dengan yang dijual di toko-toko non online. Nah, apakah benar-benar authentic atau tidak kita gak tahu. If you think it’s too good to be true, then it might not be authentic at all. Produk online bisa disebut authentic HANYA jika produk tersebut memang datang atau didistribusikan langsung dari perusahaan induk.

      Reply
  3. Fikri

    Bagaimana jika “authentic” dibuat untuk branding suatu merk baju?

    Reply
    1. English 4 SMA Post author

      HI …. terima kasih sudah mampir … Kalau mau dibuat brand untuk sebuah proiduk ya gak pa2 …. bisa saja …

      Reply
  4. rizqy

    authentic mah sama aja palsu

    jaman sekarang mah cuman di bedakan dua doang sebenernya
    asli dan palsu, gada lagi pembedana lain lainnya
    palsu mah palsu aja jangan ngakali calon buyer

    jadi inget jamn gelang power balance wkwk

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *