Odd, Strange, Weird, Atau Bizzare?

By | December 6, 2015

Secara umum keempat kata tersebut bermakna sama, dan bisa saling menggantikan. Keempat kata tersebut biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang dianggap aneh, ganjil, tidak biasa, dan jika sobat menggunakan kata-kata itu, seolah sobat ingin mengatakan “Hmmmm … Kok bisa ya? Mestinya gak terjadi lho hal-hal kaya gitu.”

Jadi, kata-kata tersebut juga mengisyaratkan bahwa sesuatu yang tidak biasa telah terjadi, dan ada unsur keterkejutan di dalamnya. Sobat pembaca silakan menggunakan yang mana saja dari empat kata tersebut, meskipun ada ‘gradasi’ atau urutan ‘keanehan, keganjilan, atau keterkejutan’. Gradasi keanehan atau keterkejutannya adalah sebagai berikut, mulai dari yang paling lemah ke yang paling kuat:

ODD

STRANGE

WEIRD

BIZZARE

Tentu saja, gradasi semacam itu bersifat subyektif. Sesuatu yang ‘odd’ atau ‘strange’ bagi satu orang, mungkin dianggap ‘weird’ oleh yang lainnya. Dan sebaliknya, sesuatu yang ‘weird’ bagi satu orang bisa dianggap ‘odd’ saja oleh yang lainnya. Yang menentukan tingkat keanehan atau keterkejutan adalah sobat pembaca sendiri sebagai orang yang menggunakan kata-kata tersebut. Tetapi, perlu diingat juga bahwa kata weird juga mengandung unsur spooky atau menyeramkan, meskipun dalam keseharian kata ini sekadar berarti aneh dan tidak lazim.

Misalnya, jika sobat suatu kali ke pantai di siang bolong dan melihat seorang gadis mengenakan long dress putih seperti sedang ke pesta, dan sobat menganggap itu sedikit aneh (tidak aneh sekali), sobat bisa mengatakan,”That’s odd.” Tetapi, kalau sobat menganggap hal itu lebih aneh lagi dari sekadar odd, sobat pembaca bisa mengatakan,”That’s strange.”

Dan jika sesuatu yang begitu aneh terjadi (sehingga sobat menganggap hal itu tak mungkin terjadi) – misalnya, suatu saat sobat mendengar suara orang mendengkur di dalam rumah, malam-malam, padahal sobat pembaca jelas-jelas tinggal sendirian di rumah, tentu itu hal yang sangat tidak biasa. Dan ketika sobat bercerita kepada seorang teman, kemungkinan besar teman Anda ini akan mengatakan “That’s weird” atau “That’s bizzare“.

Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Salam.

3 thoughts on “Odd, Strange, Weird, Atau Bizzare?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *